Monumen Sikatan di Ngujang Terancam Digusur

Tulungagung- Monumen Perjuangan Batalyon Sikatan, yang terletak di samping Jembatan Ngujang, Kabupaten Tulungagung, terancam digusur. Monumen yang dibangun untuk mengenang jasa pahlawan ini terimbas rencana pembangunan Jembatan Ngujang.

Monumen ini termasuk terimbas dan akan dirobohkan. Meskipun begitu rencananya monumen tersebut akan dipindahkan ke lokasi lain.
Pengerjaan pembangunan jembatan ini dilakukan oleh Balai Besar Jalan Nasional Jawa Timur. Jembatan Ngujang ini merupakan akses utama keluar dan masuk wilayah Kabupaten Tulungagung.

Kondisi jembatan tersebut mulai mengalami kerusakan, sehingga diperlukan pembangunan jembatan baru. Saat ini sejumlah pekerja mulai mempersiapkan pengerjaan jembatan baru tersebut.
Pembangunan jembatan ini berimbas ke sejumlah bangunan, diantaranya Monumen Perjuangan Batalyon Sikatan. Tempat berdirinya monumen ini merupakan lokasi peperangan antara tentara melawan Belanda pada perang kemerdekaan. Monumen ini rencananya akan dipindahkan ke lokasi baru. Pihak provinsi telah melakukan koordinasi dengan Kodam V Brawijaya terkait rencana pemindahan monumen tersebut.(bp)