Connect with us

Berita

Mojokerto – Ulama Mojokerto Tolak Vaksin Astrazeneca

Diterbitkan

pada

Mojokerto – Ulama Mojokerto Tolak Vaksin Astrazeneca

Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Kh. Asep Saifuddin Chalim terang-terangan menolak Vaksin Astrazeneca. Ia melarang keras 12.000 santri, mahasiswa, dan 1000 lebih tenaga pengajar di lembaga pendidikannya suntik vaksin Covid-19 dari Inggris tersebut.

Fatwa MUI Pusat telah mengatakan bahwa Vaksin Astrazeneca mengandung (Tripsin) pankreas babi dan hukumnya haram. Vaksin ini memiliki hukum boleh ketika dalam kondisi darurat. Namun demikian, dengan kandungan pankreas babi di dalamnya, Kiai Asep mengatakan Vaksinasi Astrazeneca tetap haram bagi seluruh santri dan pendidik di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, karena menurutnya di Amanatul Ummah tidak ada hal darurat, terbukti selama satu tahun di Amanatul Ummah ini tidak ada yang terdampak Covid-19.

Kiai Asep menjelaskan, Ponpes Amanatul Ummah bebas Covid-19 karena selama ini menerapkan protokol yang ketat. Setiap santri yang baru datang, wajib lolos pemeriksaan rapid test, foto toraks, dan pemeriksaan darah lengkap.
Kiai Asep pun mengkritik Fatwa MUI Jatim yang menyatakan Vaksin Astrazeneca halal dan bagus (Halalan Thoyiban). Ia menilai fatwa tersebut salah karena hanya menggunakan alasan istihalah atau perubahan bentuk dan ihlak atau penghancuran. MUI Jatim yakin bahwa Tripsin Pankreas babi yang dalam produksi Vaksin Astrazeneca tidak lagi menjadi najis karena sudah berubah bentuk.

Dengan argumennya, Kiai Asep bukan berarti mengharamkan dan menolak vaksinasi. Dalam tuturnya pun ia menjelaskan, bahwa ia mendukung vaksinasi guna pencegahan Covid-19, namun bukan Vaksin Astrazenecca. Meskipun demikian, Kiai Asep pun memberikan solusi kepada Pemerintah yang terlanjur membeli Vaksin Astrazeneca dalam jumlah besar, yakni dengan mempergunakan Vaksin Astrazenecca pada masyarakat nonmuslim yang tidak mempermasalahkan tubuhnya kemasukan unsur-unsur babi. Karena umat islam diharamkan mengkonsumi hewan babi.

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

space-iklan-300x250

TV DIGITAL MADU TV

space-iklan-300x400

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: