Mobil Dinas Pemkot Surabaya Tak Dipakai Mudik, Wajib Diparkir di Kantor

51
Hasil Tangkapan Layar Video Jurnalis MaduTV Nusantara

Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) memakai mobil dinas untuk mudik. Mobil dinas wajib diparkir di kantor sebelum musim mudik tiba.

Seperti yang dilansir dari JawaPos.com, aturan itu dijalankan bersama DPRD Kota Surabaya. Pemkot dan DPRD Surabaya akan lakukan pengawasan selama libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya telah berkoordinasi dengan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya dalam pembahasan serangkaian persiapan jelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Larangan tersebut tentang penggunaan mobil dinas untuk ASN di lingkungan Pemkot Surabaya dan DPRD Kota Surabaya.

Hal itu juga selaras dengan aturan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang melarang ASN menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran. Sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2022 tentang Cuti Pegawai Aparatur Sipil Negara Selama Periode Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Apabila ASN di lingkungan Pemkot dan DPRD Kota Surabaya hendak mudik Lebaran, diharapkan telah vaksinasi booster (dosis 3) sebagai antisipasi penyebaran virus Covid-19. Sedangkan untuk libur cuti bersama bagi para ASN sesuai aturan pemerintah pusat yang telah menetapkan libur cuti bersama 29 April dan 4–6 Mei dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada 2–3 Mei 2022.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono menjelaskan, koordinasi dengan Wali Kota Eri Cahyadi dan jajarannya adalah salah satu bentuk komunikasi persiapan jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.(red)