Menhan Prabowo Mewakili Presiden RI Hadiri Hari Veteran Nasional di Solo

100

Solo – Momentum bersejarah memenuhi auditorium GPH Haryo Mataram, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada Kamis, 10 Agustus. Acara Peringatan Hari Veteran Nasional (HARVETNAS) tahun 2023 dihadiri oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang menjalankan amanah dari Presiden RI Joko Widodo. Dalam momen yang penuh semangat ini, tema besar “Dengan Jiwa, Semangat, dan Nilai-Nilai Juang ’45 LVRI Ikut Serta Mensukseskan Pemilu 2024 dan Konsisten untuk Melanjutkan Pembangunan Nasional” diusung sebagai penghormatan mendalam terhadap jasa dan pengorbanan para Veteran Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan pentingnya semangat kejuangan para veteran dalam menyongsong masa depan Indonesia. Ia menekankan bahwa semangat dan nilai-nilai juang dari era perjuangan kemerdekaan masih sangat relevan dalam konteks pemilu mendatang dan kelanjutan pembangunan nasional. Langkah yang teguh ini bukan sekadar penghargaan kepada para pahlawan masa lalu, tetapi juga merupakan komitmen bersama untuk menjaga kedaulatan negara dan mengantarkan Indonesia menuju kemakmuran yang berkelanjutan.

Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan sejati, Presiden RI Joko Widodo secara simbolis memberikan tanda kehormatan Veteran Anumerta Dwikora kepada 168 orang veteran, sementara Veteran Anumerta Trikora diberikan kepada 95 orang pahlawan. Dalam momen emosional ini, Marsda TNI (Purn) Suparman Natawikerta menerima penghargaan atas nama Veteran Anumerta Trikora, sementara Kolonel (Purn) Wasiman Siswanto menerima tanda kehormatan Veteran Anumerta Dwikora. Penghargaan ini bukan hanya sebatas medali, tetapi juga lambang pengakuan atas dedikasi tanpa batas yang telah diberikan para veteran bagi tanah air.

Acara HARVETNAS di Kota Solo ini juga dihadiri oleh para tokoh penting. Ketua Umum DPP LVRI yang diwakili oleh Letnan Jenderal TNI (Purn) Muzani Syukur turut meramaikan acara dengan semangat kebangsaan. Walikota Surakarta, Gibran R. Rakabuming Raka, dan Ketua Pengurus PIVERI, Puji Maryati, istri dari Letjen TNI (Purn) Muzani Syukur, turut hadir sebagai bukti dukungan dan penghargaan kepada para veteran.

Semangat HARVETNAS tahun 2023 ini menjadi cermin tekad bangsa Indonesia untuk terus melangkah maju, berpegang pada nilai-nilai luhur juang ’45. Dengan semangat yang tak pernah pudar, Indonesia bersama para veteran berkomitmen untuk mengawal proses demokrasi yang transparan dan sukses pada Pemilu 2024, serta meneruskan pembangunan nasional yang berkelanjutan. Dengan langkah teguh dan semangat yang membara, kita menatap masa depan yang lebih gemilang bagi tanah air tercinta.