Beranda Berita Mengenal Bursa Inovasi Desa

Mengenal Bursa Inovasi Desa

38
0

Mengenal Bursa Inovasi Desa

Bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkub kabupaten.

Bertempat di balai Desa Waung Kecamatan Baron Nganjuk, pelaksanaan bursa inovasi desa digelar, yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa, akan solusi bagi penyelesaian masalah , serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa, dalam rangka penggunaan dana desa.

Bursa inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui dinas pemberdayaan masyarakat desa ,menggelar kegiatan program inovasi desa dengan agenda cluster 5 yang meliputi Kecamatan Kertosono, Baron dan Tanjunganom .

Bertempat di balai Desa Waung Kecamatan Baron, adapun maksud pelaksanaan bursa inovasi desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa, akan solusi bagi penyelesaian masalah , serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa, dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

Dalam kesempatan tersebut, di hadiri seluruh kepala desa di tiga kecamatan serta bpd desa.

Dalam rangka terciptanya kreasi dan inovasi desa yang mandiri dalam pengelolalan dana desa, dengan baik dan tepat inovasi desa sendiri mempunyai bebarapa peranan dan bidang diantaranya adalah bidang sdm, bidang infrastrukur dan bidang kewirausahaan.

Kegiatan tersebut ,secara efektif mampu mendorong pelipatgandaan inisiasi desa dalam merancang program inovatif, dalam rancangan pembangunannya ,hal ini diketahui dari peningkatan jumlah rencana replikasi program inovasi desa dalam struktur perencanaan penganggaran pembangunan setiap tahunnya .

Untuk diketahui bahwa pemerintah telah mengucurkan Dana Desa (DD) dan alokasi dana desa (add) sejak tahun 2015, dengan adanya kuncuran dana ke desa-desa ,diharapkan desa berkemampuan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 7