Beranda Berita Mendagri Minta Ormas Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Mendagri Minta Ormas Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

100
0

Menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo meminta Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk ikut menyosialisasikan pemilu guna meningkatkan partisipasi publik. Mendagri menyebut, ada sekitar 400 ribu jumlah ormas dari berbagai tingkat mulai dari nasional provinsi sampai daerah yang bisa digerakkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo, mengajak Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) untuk terlibat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Keterlibatan itu ditunjukkan melalui peran aktif untuk mengajak masyarakat, menggunakan hak pilih pada 17 April 2019. Hal ini disampaikan mendagri pada rakornas kewaspadaan nasional, dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2019, di Jakarta, Rabu pagi.

Mendagri menyebut, ada sekitar 400 ribu jumlah ormas dari berbagai tingkat mulai dari nasional, provinsi sampai daerah yang bisa digerakkan untuk meningkatkan partisipasi pemilu. Dengan cara ini diharapkan bisa mendorong partisipasi pemilih. Karena partisipasi masyarakat menjadi kunci kesuksesan pemilu.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), tingkat partisipasi pemilih pilpres pada 2004 yakni sebesar 79,76 persen pada putaran pertama, dan 74,44 persen di putaran kedua. Untuk tahun 2009 tingkat partisipasi 72,09 persen, dan 2014 turun menjadi 70 persen. Oleh karena itu penyelenggara pemilu mengharapkan kenaikan partisipasi publik di pemilu 2019 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 5 = 1