Beranda Ragam Pendidikan Melihat Semangat Belajar Anak-Anak Pegunungan

Melihat Semangat Belajar Anak-Anak Pegunungan

96
0

Tidak semuanya pelajar di negeri ini merasakan fasilitas pendidikan yang layak, utamanya pelajar yang berada di kawasan pegunungan, seperti para pelajar di Sekolah Dasar Negeri Mulyorejo 2, Kecamatan Silo, Jember. Meskipun sekolahnya terbuat dari kayu, berlantai tanah dan beratap seng,serta tanpa dilengkapi fasilitas pendidikan lainnya, para pelajar di sekolah itu tetap bersemangat belajar.

Di kawasan pegunungan silo inilah Sekolah Dasar Negeri Mulyorejo 2 Kecamatan Silo, Jember, berada. Untuk menuju ke sekolah, para siswa harus berjalan sekitar 2 jam dari permukiman warga yang terdekat, dengan jalan menanjak dan berliku.

Bangunan SDN Mulyorejo 2 berdiri sejak 7 tahun lalu, dengan dinding terbuat dari papan kayu dan terdiri dari kelas 1 hingga kelas 5. Sedangkan atap bangunan sekolah yang terbuat dari bahan asbes, membuat suhu ruang kelas tinggi saat cuaca panas.

Namun kondisi yang lebih memperihatinkan terjadi saat kondisi hujan. Atap bangunan sekolah kerap bocor dan mengganggu proses kegiatan belajar mengajar.

Meski harus belajar dalam kondisi yang memperihatinkan, namun sebanyak 28 murid sdn mulyorejo 2 ini, tetap semangat mengikuti pelajaran.

Aminah – Siswa SDN Mulyorejo, “Ingin sekolah ini lebih baik lagi dan dibangun lebih baik lagi, kalau hujan bocor,kalau panas kepanasan.”

Rafi – Siswa SDN Mulyorejo, “ Ingin kelasnya diperbaiki, kelasnya sempt terbuat dari kayu kalau hujan bocor.”

Ngatijan – Guru, “ Kondisinya kan sangat memprihatinkan, jadi kami sendiri ngeri apalagi kalau hujan ada guntur dan sebagainya sampai tidak tega melihat kondisi anak-anak, kalau semangat anak-anak luar biasa. Bahkan kalaupun sehari diberi pelajharan anak-anak tidak pernah mengeluh.”
Tidak ada pilihan bagi warga untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah lain. Warga yang berada di Desa Patung Rejo dan Sido Mulyo, Silo, Jember hanya berharap anak-anaknya mendapat fasilitas belajar mengajar yang lebih layak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

53 − = 46