Beranda Berita Medan Gunung Yang Terjal,Petugas Lakukan Perekaman E-Ktp Ke Rumah Jompo Dan Lumpuh

Medan Gunung Yang Terjal,Petugas Lakukan Perekaman E-Ktp Ke Rumah Jompo Dan Lumpuh

53
0

Medan Gunung Yang Terjal,Petugas Lakukan Perekaman E-Ktp Ke Rumah Jompo Dan Lumpuh

Puluhan tahun tak bisa mendapat layanan kartu tanda penduduk elektronik,E-Ktp, karena jarak tempuh yang jauh, lansia, jompo dan warga lumpuh di Situbondo Jawa Timur akhirnya mendapat perhatian. Petugas pun akhirnya berinovasi memberikan layanan perekaman E-Ktp dari rumah ke rumah warga, hingga pelosok desa dan pegunungan terjal.
Terbatasnya akses jalan membuat petugas Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo Jawa Timur, terpaksa harus mengangkut beragam perangkat keras keperluan perekaman E-Ktp dengan berjalan kaki, menuju sebuah dusun di Desa Talempong.
Para petugas ini pun harus saling gotong royong membawa satu per satu alat, mulai komputer, kamera, tripot, kain latar foto, perekam mata dan sebagaianya menuju rumah warga yang belum memiliki ktp elektronik,
Untuk sampai ke rumah penduduk harus berjalan di jalan setapak menembus perbukitan karena lokasi warga berada di bawah pegunungan. Sesampainya dirumah warga, petugas pun langsung menghampiri warga yang salah satunya sedang lumpuh dan sulit kemana mana. Dengan cara di bopong, sang nenek ini pun akirnya bisa mendapatkan layanan perekaman E-Ktp secara gratis.
Proses perekaman E-Ktp dari rumah ke rumah ini tidak ada bedanya bagi warga lain di kantor dinas kependudukan catatan sipil. Beragam perekaman foto, iris mata hingga sidik jari dilakukan lengkap. Proses perekaman juga tidak perlu antre karena petugas langsung mendatangi dan merekam langsung di dalam rumahnya.

Inovasi ini dilakukan pihak kecamatan banyuglugur karena tingginya jumlah warga yang enggan mau mengurus kartu keluarga dan ktp elektronik. Bahkan, diantaranya para jompo, lansia, dan lumpuh yang banyak tidak memiliki e-ktp. Sehingga petugas pun rela mendatangi mereka dari rumah ke rumah agar bisa mendapatkan kartu identitas. Proses perekamanya pun berlangsung secara online dan terkoneksi dengan dinas terkait setempat.
Seluruh data perekaman pun langsung terinput secara online ke kementerian dalam negeri. Namun, masih terbatasnya koneksi jaringan internet di wilayah pelosok pegunungan ini membuat petugas sering kesulitan membantu warga melakukan perekaman e-ktp, etrutama di daerah yang sangat terpencil. Padahal, kepemilikan ktp bagi warga miskin ini kini sangat penting untuk mengurus beragam keperluan seperti jaminan kesehatan bpjs hingga kebutuhan pendidikan anak mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 85 = 93