Materi Kitab Sullamut taufiq 2 والثبوت فيه على الدوام والتزام ما لزم عليه من الاحكام “(Wajib bagi semua mukallaf) tetap dalam agama Islam selamanya dan menetapi hukum-hukum yg wajib baginya”

Materi Kitab Sullamut taufiq 2

Oleh Ust. Dr Asy’ari Masduki, S.HI., MA

قال المؤلف رحمه الله :
والثبوت فيه على الدوام والتزام ما لزم عليه من الاحكام
“(Wajib bagi semua mukallaf) tetap dalam agama Islam selamanya dan menetapi hukum-hukum yg wajib baginya”

Keterangan:
👉 Tetap dalam agama Islam selamanya artinya tidak boleh ada di dalam hati niat untuk keluar dari Islam pada masa yg akan datang. Karena berniat untuk keluar dari Islam pada masa yg akan datang berarti telah keluar dari Islam seketika itu juga
من عزم على الكفر في المستقبل كفر في الحال

👉 Selamanya maksudnya sampai mati. Karena keselamatan seseorang ditentukan ketika dia mati. Jika mati dalam keadaan muslim (husnul khotimah) maka dia ahli surga, sebaliknya jika dia mati dalam keadaan kafir (su ul khotimah) maka dia ahli neraka. Allah berfirman:
(وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ)
[Surat Al-Hijr 99]
“Dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kematian kepadamu”

👉 Menetapi hukum yg wajib baginya adalah dengan menjalankan seluruh perkara-perkara yg diwajibkan dan meninggalkan seluruh perkara-perkara yg diharamkan (taqwa).
➡Orang mukallaf muslim wajib sholat lima waktu, puasa Romadlon, mengeluarkan zakat jika telah memiliki harta mencapai nishob, berangkat haji jika mampu, ikhlas dalam beramal, syukur, sabar, ridlo terhadap taqdir dan kewajiban lainnya, baik kewajiban dzahir maupun batin.
➡Orang mukallaf muslim wajib meninggalkan membunuh tanpa haq, zina, judi, minum khomr, riya’, ujub, sombong, hasad dan perkara haram lainnya, baik keharaman dzohir maupun batin.

LDNU KAB KEDIRI
#رابطة المبلغين النهضية
#RMNU fb.me/ldnupckediri

 

simak vidio lengkapnya di youtube madutv network Jawatimur