Connect with us
header

Kediri

Masyarakat Lereng Gunung Wilis Tekuni Usaha Ternak Sapi Perah

Diterbitkan

pada

Masyarakat Lereng Gunung Wilis Tekuni Usaha Ternak Sapi Perah

Masyarakat Lereng Gunung Wilis Tekuni Usaha Ternak Sapi Perah

Sedikitnya ada 80 orang warga Desa Jugo Di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri yang menggeluti usaha ternak sapi perah. Jumlah tersebut terus meningkat dari semula, hanya segelintir orang saja.

Ialah waluyo, salah seorang peternak yang mengawali usaha ini. Karena kegigihannya dalam menularkan ilmunya kepada warga lain, laki-laki inipun kemudian ditunjuk sebagai ketua kelompok, dengan nama sumber mulyo.

Saat ini populasi sapi perah di bawah naungan kelompok peternak sumber mulyo telah mencapai 400 ekor. Adapun produksi susu yang dihasilkan tidak kurang dari 2 ribu liter setiap harinya. peternak bekerjasama dengan sebuah koperasi pengolahan susu di kabupaten tulungagung, yang menampung hasil susu segar.

Letak geografis di perbukitan dengan ditunjang rumput hijau sebagai menu makana sapi perah, memang sangat mendukung usaha peternakan yang satu ini. Tetapi menurut waluyo belakangan, ketersediaan rumput menjadi sangat terbatas, begitu juga dengan sumber air, yang menjadi kebutuhan utama sapi perah. Kondisi krisis tersebut biasanya terjadi di musim kemarau.

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

MaduTV on Facebook

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: