Mas Dhito Ajak Warga Kediri Bersholawat Bareng Habib Luthfi

160

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana akan menggelar acara Kediri bersholawat bersama Habib Luthfi bin Yahya sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke-1219. Acara yang akan berlangsung pada Jumat, 12 Mei 2023 malam ini di kawasan Simpang Lima Gumul tersebut juga akan diisi dengan tausiyah kebangsaan dari Habib Luthfi.

Selain itu, pagi harinya akan diadakan kirab kebangsaan yang akan diikuti oleh setidaknya 4.030 peserta dari berbagai elemen masyarakat dengan membawa bendera merah putih berpanjang 77 meter. Namun, mengingat acara ini diprediksi akan dihadiri oleh banyak jamaah, Bupati Kediri meminta panitia penyelenggara untuk menyiapkan segala sesuatunya dengan matang, termasuk pengamanan dan rekayasa lalu lintas.

Untuk pengamanan, Bupati Kediri menyebut bahwa kegiatan ini akan melibatkan kepolisian, TNI, Detasemen Polisi Militer, Satpol PP Kabupaten Kediri, dan mendapat dukungan dari Banser NU. Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri, Joko Suwono, mengatakan bahwa akan ada penutupan beberapa ruas jalan pada saat kegiatan Kirab kebangsaan, namun tidak akan berlaku lama agar arus lalu lintas tidak terganggu.

Bupati Kediri juga meminta panitia penyelenggara untuk mempersiapkan tempat, sound system, dan screen atau layar untuk penonton di belakang agar tidak terganggu dengan jarak yang jauh. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan membludaknya jumlah jamaah yang hadir, sebagaimana terjadi pada acara Ngaji Bareng Cak Nun di event Gempita Kemerdekaan tahun 2022 lalu.