Beranda Berita MANFAAT EKONOMIS POHON BAMBU

MANFAAT EKONOMIS POHON BAMBU

122
0

Puluhan Jurnalis Kediri yang diinisiasi oleh PT Gudang Garam tbk melakukan studi banding ke Bandung Jawa Barat guna mendalami ilmu terkait kelestarian lingkungan lewat pohon bambu.

Wilayah Jawa Barat menjadi jujugan studi banding karena pohon bambu seringkali digunakan oleh masyarakat untuk segala kebutuhan hingga menjadi hiburan di kawasan wisata.

Di Dusun Bambu yang merupakan lokasi Ekowanawisata yang menonjolkan panorama keindahan pohon bambu di lereng kaki pegunungan dengan ketinggian 1.500 mdpl. Ekowanawisata Dusun Bambu ini mengemban misi 5e,mulai Edukasi, Etnologi, Etika,Estetika dan Entertaiment.

Saung Angklung Udjo (SAU) juga tak lepas dari studi yang di inisiasi perusahaan ini. SAU sendiri merupakan tempat pertunjukan seni tradisonal musik maupun tari. Selain tempat pertunjukan, di lokasi yang sama juga terdapat pusat kerajinan tangan dari bambu dan menjadi Kaboratorium Kependidikan dan Pusat Belajar Kebudayaan Sunda.

Kepala Bidang Humas PT. Gudang garam tbk Ihwan Tri Cahyono mengatakan, dengan wawasan yang baru didapatkan ditempat ini, diharapkan ke depan tidak hanya menanam tetapi bisa mengambil manfaat lebih dari nilai bambu itu sendiri. Artinya tidak hanya manfaat untuk alam tetapi juga bisa digunakan meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.

Lanjut Ihwan, tidak menutup kemungkinan pihaknya memiliki wacana mendatangkan petani bambu yang ada di Bandung untuk memberikan training kepada masyarakat Kediri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

24 − = 21