MALANG – Viral Pasien Positif Covid-19 Kabur

289

MALANG – Viral Pasien Positif Covid-19 Kabur

Seorang pasien terkonfirmasi positif covid-19 mencoba kabur dari rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang. Aksi kaburnya pasien tersebut sempat terekam kamera warga dan beredar di jejaring sosial whatsapp. Pihak RSSA pun menyatakan bahwa pasien yang menceoba kabur merupakan seorang ibu yang baru melahirkan dan ternkofirm positif covid-19 dan takut tak bisa membayar biaya rumah sakit.

Menurut pihak rumah sakit, pasien tersebut merupakan pasien isolasi covid dengan status confirm covid-19 pasca persalinan, pada hari minggu lalu. Pasien kemudian ditempatkan di ruang isolasi rumah sakit, yang sebelumnya merupakan gedung paviliun, atau kamar dengan standart VIP. Pasien merasa ketakutan akan membayar tagihan di luar kemampuannya. Selain itu pasien juga mengkhawatirkan kondisi anak anaknya di rumah.

Pada Selasa siang, pasien dinyatakan kondisi umum perbaikan secara klinis, sehingga direkomendasikan untuk isolasi mandiri. Saat menunggu penjemputan dari dinas kesehatan itulah, pasien berusaha kabur.

Aksi kaburnya pasien diketahui petugas. Namun karena tidak memakai APD lengkap, petugas pun mengikuti pasien dan mengingatkan secara verbal ,disertai menunggu petugas lainnya yang ber APD lengkap. Kaburnya pasien sempat membuat keributan, karena pasien sempat mendatangi gerombolan pengemudi ojol yang berada di depan rumah sakit. Kini pasien yang bersangkutan sudah menjalani isolasi mandiri.

Sementara kini pihak RSSA Malang lebih memperketat penjagaan ruang paviliuna agar kejian serupa tidak teruang kembali.