Mahasiswa UNJ Tewas  Pembaretan, Diduga Alami Dehidrasi

98

Jakarta – Kepala Divisi Humas Universitas Negeri Jakarta, Syaifudin, membenarkan bahwa Valencia Matalino Arya Putra, seorang mahasiswa program studi Geografi, meninggal dunia saat mengikuti kegiatan pembaretan Resimen Mahasiswa pada Kamis, 11 Mei lalu.

Mahasiswa tersebut meninggal dunia akibat mengalami dehidrasi berat saat mengikuti longmarch puluhan kilometer. Valencia sempat tumbang saat melaksanakan longmarch dan segera ditangani oleh panitia tim kesehatan mahasiswa.

Valencia kemudian dilarikan ke puskesmas terdekat dan akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Pelabuhan Ratu, namun nyawanya tidak tertolong.

Kondisi cuaca yang sangat panas dan rute longmarch yang jauh diduga menjadi penyebab Valencia mengalami dehidrasi berat hingga akhirnya meninggal dunia.

Jenazah Valencia kemudian langsung dibawa ke rumah duka di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, sebelum akhirnya dibawa ke Magelang untuk dimakamkan.

Terkait dengan kejadian ini, pihak kampus UNJ akan mengevaluasi seluruh kegiatan mahasiswa yang berada di luar kampus. Keamanan dan kesejahteraan mahasiswa menjadi prioritas utama dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh universitas.