MADURA – Narkoba  Seberat Seperempat Kilo Gram Diamankan Dari 76 Tersangka

MADURA – Narkoba  Seberat Seperempat Kilo Gram Diamankan Dari 76 Tersangka

Selama pandemi covid 19, peredaran narkoba di Sumenep Madura marak. Polres sumenep meringkus 76 orang tersangka dari 52 kasus narkoba.  Sementara barang bukti yang diamankan yakni seberat hampir seperempat kilogram sabu. Tak hanya itu, dari beberapa tersangka ada yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan pelajar.

Tujuh puluh enam tersangka yang berhasil diringkus oleh polisi selama pandemi covid 19, tujuh puluh dua orang diantaranya laki-laki dan empat orang lainnya perempuan. Sebanyak lima belas tersangka menjadi pengedar, tiga puluh dua tersangka menjadi kurir dan dua puluh sembilan lainnya sebagai pemakai narkoba.

Dari hasil pengungkapan lima puluh dua kasus narkoba ini, polisi berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu seberat hampir seperempat kilogram atau 246 gram, alat timbang dan alat hisap narkoba, serta uang tunai puluhan juta rupiah.

Barang haram yang beredar di wilayah hukum sumenep, diduga kuat berasal dari jaringan narkoba dari Kabupaten Sampang Madura. Dimana selama pandemi covid 19, kasus narkoba di wilayah hukum kabupaten sumenep meningkat tajam. Bahkan sampai melibatkan ibu rumah tangga dan pelajar. Hal ini dipicu karena desakan ekonomi yang sulit selama pandemi covid 19 terjadiini terjadi.

Kapolres Sumenep, AKBP darman menjelaskan, dari puluhan tersangka, tak satupun yang merupakan bandar, karena jaringan bandar rata-rata menggunakan sistem sel, atau jaringan terputus. Namun pihaknya berjanji akan terus menggalakkan pengungkapan kasus narkoba di wilayah sumenep baik daratan maupuan kepulauan.

Para tersangka ini dijerat 114 UU RI no. 35 tahun 2009 tentang narkotika dan pasal 112 UU RI no. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan hukuman penjara minimal lima tahun dan maksimal dua puluh tahun penjara, atau denda maksimal satu miliyar.