fbpx
Connect with us

Berita

MADURA – Astatinggi makam keluarga para Raja Sumenep

Diterbitkan

pada

MADURA – Astatinggi makam keluarga para Raja Sumenep

Bila berkunjung ke Sumenep Madura tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi salah satu tempat yang satu ini. Astatinggi yang merupakan makam para keluarga Raja Sumenep Madura, Bagaimana keseruanya berikut laporan dari Ahmad Taufik dari Madura.

Kawasan Pemakaman Raja-raja di Sumenep, atau yang dikenal dengan Asta Tinggi merupakan salah satu wisata religi kabupaten di ujung timur pulau garam ini. Keberadaannya yang satu paket dengan bangunan keraton di Pajagalan dan Masjid Jamik di Bangselok, merupakan karya monumental dinasti terakhir Sumenep (1750-1929 M).

Hingga detik ini, Asta Tinggi yang terletak di desa Kebunagung, Kecamatan Kota Sumenep itu tidak pernah sepi dari peziarah. Baik yang sifatnya “berpariwisata religi, maupun sekedar menikmati sisa kebesaran masa lalu para tokoh legendaris.

Untuk memasuki wisata religi Astatinggi para pengunjung terlebih dahulu mengisi buku tamu yang sudah disediakan oleh juru kunci Astatinggi. Di area pemakaman terdapat ratusan makam yang merupakan makam dari keluarga besar Raja-raja Sumenep.

Salah satu pengunjung mengatakan tujuan ke Astatinggi untuk mengalap berkah dari keturunan para Raja Sumenep.

Tentunya dengan masih adanya pandemi Covid-19 ini para pengunjung tidak lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah diatur oleh pemerintah.

Tidak lengkap rasanya jika anda pergi ke Sumenep tidak mengunjungi salah satu tempat wisata Religi yaitu Astatinggi.

download madu tv di playstore

Radio MDSFM

Madu TV Channel

URL yang sah tidak diberikan.

Linked Media

%d blogger menyukai ini: