Madiun Festival 2023 Resmi Ditutup dengan Pagelaran Wayang Kulit: Wali Kota Apresiasi Partisipasi Masyarakat

75

MADIUN – Madiun Festival 2023 telah resmi ditutup pada Minggu (30/4) malam. Penutupan perhelatan yang berlangsung sejak 23 April itu ditandai dengan pagelaran wayang kulit yang diadakan di Balai Kota. Acara tersebut sukses menghibur masyarakat yang datang langsung maupun yang menyaksikan melalui tayangan live streaming. Pagelaran wayang kulit ini semakin meriah dengan kehadiran Dalang Ki Bayu Aji Anom Suroto dan dagelan Abah Kirun.

Wali Kota Madiun, Maidi, menyatakan bahwa berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Madiun Festival 2023 bertujuan untuk menggeliatkan perekonomian lokal. Festival Pecel Pincuk, Ngaji Syawalan, Aksi Cah Mediunan, Madiun City International Meeting, dan Pagelaran Wayang Kulit merupakan beberapa acara yang dihelat. Selain itu, terdapat juga produk kuliner unggulan yang tersedia di kawasan wisata Pahlawan Street Center (PSC).

Bupati maidi menutup frestival dengan memberikan bantuan
Bupati maidi menutup frestival dengan memberikan bantuan

“Kota ini memang kita coba, mudah-mudahan Covid benar-benar hilang, maka kita coba gas ekonomi melalui intervensi berbasis lokal,” ujar Wali Kota.

Pemerintah Kota Madiun memang dikenal gemar mengangkat potensi lokal. Seperti pada gelaran wayang sebelumnya yang menghadirkan dalang mumpuni asal Kota Madiun. Pada pagelaran kali ini, dalang cilik berbakat tingkat nasional juga diberikan kesempatan untuk tampil, meski hanya sebatas hiburan. Wali Kota mengungkapkan bahwa kehadiran para tokoh di Kota Madiun dapat menjadi magnet untuk menggeliatkan perekonomian daerah.

“Ke depan, potensi kesenian di kota kita harus semakin baik. Harus menjadi jujukan dan pilihan daerah-daerah lain,” harap Wali Kota.