Lyon Kembali ke Jalur Kemenangan Kala Atasi Perlawanan Lens

90

Prancis – Olympique Lyon kembali ke jalur kemenangan kala mengatasi perlawanan sang tamu RC Lens dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-12 Liga Prancis di Stadion Groupama, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Setelah pekan lalu kalah dalam lawatan ke markas OGC Nice, Lyon sukses membuka keunggulan lewat eksekusi penalti Karl Toko Ekambi pada menit ke-25 menyusul pelanggaran Facundo Medina terhadap Bruno Guimaraes.

Lens mengira mereka sudah mencetak balasan tujuh menit kemudian melalui Jonathan Clauss tujuh menit kemudian, tetapi gol itu dianulir oleh VAR karena offside.

Tuan rumah lantas menggandakan keunggulan mereka empat menit jelang turun minum saat Houssem Aouar dengan cermat menanduk bola muntah setelah kiper Jean-Louis Leca gagal menghentikan sempurna tembakan Ekambi.

Kedua tim terus saling menebar ancaman ke gawang satu sama lain dalam 15 menit pertama babak kedua, tetapi Lens lah yang mampu mencetak gol pada menit ke-61 melalui sepakan kaki kiri Arnaud Kalimuendo menyelesaikan umpan Gael Kakuta.

Ritme pertandingan kemudian melambat dan Lens sedikitnya tiga kali mengancam lewat Kakuta serta Przemyslaw Frankowski, tetapi kiper Anthony Lopes selalu berhasil mengamankan gawang Lyon dan menjaga skor 2-1 hingga peluit bubaran.

Lyon sementara menanjak ke urutan kelima dengan raihan 19 poin, sedangkan Lens yang berada di posisi kedua dengan 21 poin kian tertinggal 10 poin dari pemuncak klasemen Paris Saint-Germain yang kemarin menang, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung lebih dini di Stadion Saint-Symphorien, dua tim zona degradasi Metz dan AS Saint-Etienne berbagi poin setelah main imbang 1-1.

Gol cepat Farid Boulaya untuk Metz bisa segera dibalas Wahbi Khazri, tetapi Saint-Etienne gagal mengkonversi dominasi 63 persen penguasaan bola mereka dan masih tak kunjung merasakan kemenangan pertama musim ini.

Metz sementara naik ke urutan ke-18 dengan tujuh poin, sedangkan Saint-Etienne masih lekat di dasar klasemen dengan enam poin.(antara/*)