Longsor Manado, Satu Orang Meninggal Usai Tertimbun Pohon

55

Manado – Nikson Heler, korban meninggal dunia akibat longsor yang terjadi di Jalan Yos Sudarso Kompleks Taman Kota, Kelurahan Kairagi Weru, Kecamatan Paal Dua, Kota Manado pada Jumat (4/3) kemarin. Korban merupakan warga Kampung Bukide, Kecamatan Tabukan Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Korban jatuh tertimbun reruntuhan pohon saat melintasi jalan menggunakan sepeda motor. Lelaki kelahiran Tambung 1998 tersebut menghembuskan nafas terakhir pasca dilarikan ke Rumah Sakit AURI Manado. Nyawanya tidak tertolong karena luka yang ia alami.

Sebelumnya, longsor yang terjadi di Jalan Martadinata, pada Jumat 4 maret 2022 sempat membuat akses jalan lumpuh beberapa jam. Namun, saat berita ini terbit, akses jalan sudah bisa dilalui.

Kepala Seksi Operasi Basarnas Manado, Jandry S Paendong mengatakan, kejadian longsor itu disebabkan oleh curah hujan yang lebat yang melanda Kota Manado. Menurutnya, beberapa hari ini cuaca ekstrem melanda Sulawesi Utara dan menyebabkan beberapa tempat banjir dan longsor.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Sulut Alex Wattimena saat mendampingi Plt.Sekprov Gamy Kawatu, mengungkapkan bahwa secepatnya akses jalan Kairagi, Paal Dua ini akan segera normal kembali. Dirinya pun mengimbau agar masyarakat harus berhati-hati saat melintasi jalan berbukit. Hal ini guna mencegah terjadinya kecelakaan akibat tanah longsor, seperti yang terjadi pada ruas jalan tersebut. (red)