Loka Pom Sidak Takjil di Pasar Cerme, Tidak Ditemukan Makanan Mengandung Zat Berbahaya

52

Banyumas – Loka Pom Kabupaten Banyumas melakukan sidak takjil di Pasar Cerme Purwosari, Kabupaten Banyumas. Pengawasan intensifikasi pangan ini dilakukan sejak satu minggu sebelum bulan Ramadhan.

Dilansir dari republika.co.id Kepala Loka Pom Kabupaten Banyumas Suliyanto menjelaskan, ada sebanyak 17 sampel makanan yang diuji. Beberapa di antaranya yaitu bakso, tahu, kolang kaling, kue-kue hingga minuman seperti es teler.

Menurut Suliyanto, sejak dimulainya kegiatan pengawasan intensifikasi pangan sejak sepekan lalu, belum ditemukan makanan yang mengandung zat-zat berbahaya. Apabila ditemukan, nantinya para pedagang yang menjual makanan tersebut akan diberikan pembinaan. Sedangkan makanan yang dijajakan oleh mereka akan dimusnahkan.

Selain pengawasan takjil, pengawasan makanan selama Ramadhan rutin dilakukan dengan turun langsung ke sarana-sarana produksi dan distribusi makanan. Dari hasil pengawasan tersebut, tidak ditemukan produk makanan yang mengandung zat berhaya di Banyumas.

Rencananya pengawasan intensifikasi makanan ini akan dilakukan setiap hari hingga satu minggu setelah lebaran Idul Fitri. Pihak Loka Pom berharap para pedagang hanya membuat produk-produk makanan yang aman untuk masyarakat. (red)