Beranda Berita Logan Rice, Inovasi Beras Buatan Dari Tanaman Umbi

Logan Rice, Inovasi Beras Buatan Dari Tanaman Umbi

25
0

Logan Rice, Inovasi Beras Buatan Dari Tanaman Umbi

Tingkat konsumtif beras yang kian hari dinilai semakin tinggi dan berpotensi mengancam ketahanan pangan nasional, membuat dua siswi salah satu MTs Negeri Di Kota Malang menciptakan beras buatan dari umbi ganyong, singkong dan bayam.

Menariknya inovasi beras buatan itu memiliki nutrisi tinggi dan lebih sehat serta proteinnya lebih tinggi dari beras biasa dan memiliki serat yang tinggi.

Low glycemic and high nutrition analog rice atau logan rice, itulah nama beras buatan ciptaan dua Siswi MTs Negeri Satu Kota Malang, Dania Wijayanti Dan Rizqina Faizana.

Logan rice merupakan pangan pengganti beras yang diolah dari umbi ganyong, singkong dan bayam.

Melihat cara pengolahan sat kilogram logan rice ini cukup lah mudah, pertama tepung ganyong dan bahan lainnya dicambur dan diuleni, kemudian dicetak seperti buliran beras, sebelum kemudian dioven selama 1 jam 50 menit dengan suhu 100 derajat celsius.

Inovasi pangan pengganti beras inipun diklaim memiliki serat dan protein yang lebih tinggi dari beras serta rendah kandungan glikemik sehingga cocok dikonsumsi orang yang tengah melakukan diet atau diabetes.

Salah satu siswa pembuat inovasi ,dania wijayanti,menuturkan bahwa riset menciptakan logan rice ini dilakukan sejak 2018 lalu. Inovasi ini muncul lantaran kosumsi beras penduduk indonesia yang dinilai sudah tinggi. Kondisi tersebut dianggap berbahaya bagi ketahanan pangan nasional.

Hal tersebutlah yang mendorong mereka membuat inovasi pangan pengganti beras dari suberdaya alam yang belum termanfaatkan salah satunya umbi ganyong, sebagai jalan alternatif menjaga ketahanan pangan nasional.

Selain itu, bentuknya yang tak jauh beda dengan beras juga dinilai dapat dengan mudah di terima masyrakat. Untuk sementara harga untuk skala laboratorium sekitar 35 ribu rupiah per kilogram, namun jika di produksi secara masal makan harga bisa lebih murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

75 − = 67