Beranda Berita LFNU Jombang Kembali Gelar Kaderisasi Falak

LFNU Jombang Kembali Gelar Kaderisasi Falak

112
0

Jombang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang, Jawa Timur kembali gelar Kaderisasi Hisab Rukyah, Ahad (18/11). Kaderisasi kali ini merupakan ketujuh kalinya pada periode ke-2 sejak awal digelar.

Ketua PC LFNU Jombang Moh Mujazun mengatakan, kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Peterongan itu adalah wujud konsistensi LFNU untuk mencetak kader falak yang kompeten.

“Alhamdulillah, kegiatan kaderisasi ke-7 ini berjalan lancar dan sukses. Antusias peserta juga tidak padam meskipun kegiatan kaderisasi ini dilakukan setiap bulan sekali,” katanya.

Ia menjelaskan, pada kaderisasi ke-7 ini, terdapat dua kelas, yaitu kelas pemula dan kelas lanjutan. Hal ini menurutnya untuk membuat para peserta lebih fokus sesuai pengetahuan tentang ilmu falakiyah sepanjang LFNU menggelar kegiatan kaderisasi falak. “Untuk materi-materi di kelas lanjutan disampaikan saya sendiri, sementara kelas pemula diisi Lutfi Fuadi salah seorang pengurus LFNU Jombang,” ucapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, kelas lanjutan adalah peserta kaderisasi yang sudah menempuh kaderisasi pada beberapa kesempatan sebelumnya. Dan untuk materinya, imbuh dia, di antaranya hisab arah kiblat dan rashdul kiblat (bayang matahari mengarah ke kiblat) sesuai di kitab Irsyadul Murid sebagai literaur klasik yang menjadi referensi.

“Sedangkan kelas pemula fokus pada dasar-dasar ilmu falak yang kali ini berisikan materi hisab dan praktik menentukan arah kiblat,” jelasnya.

Sesuai jadwal acara, kaderisasi ini juga ada sesi praktik rasdhul kiblat. Namun disayangkan belum bisa dilaksanakan karena kondisi mendung.

Mujazun menyampaikan, untuk agenda kaderisasi tahap ke-8 akan dilaksanakan pada Desember 2018 di MWCNU Perak Jombang dengan pokok materi hisab waktu sholat secara berklompok.

“Semoga program kaderisasi bulanan ini terus berjalan lancar,” pungkasnya./nu.or.id (Syamsul Arifin/Muiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 56 = 66