fbpx
Connect with us

Berita

KEDIRI – Kayu Bekas Limbah Disulap Jadi Kerajinan Yang Bernilai Ekonomis

Diterbitkan

pada

KEDIRI – Kayu Bekas Limbah Disulap Jadi Kerajinan Yang Bernilai Ekonomis

Lantaran warungnya tutup akibat pandemi covid 19, seorang pria di Kabupaten Kediri banting setir menjadi perajin kayu. Uniknya, kerajinan kayu yang ia buat memanfaatkan kayu limbah pabrik, yang bernilai ekonomis.

Bahkan, barang kerajinan hasil karyanya, saat ini tembus hingga pasar luar Jawa, dengan omzet mencapai jutaan rupiah perbulan.

Aneka kerajinan kayu home dekorasi yang unik dan indah. Namun siapa sangka, aneka kerajinan kayu home dekorasi tersebut, berasal dari limbah kayu peti kemas, yang disulap oleh seorang pria, yakni  Lingga Sapuan Sumargo 27 tahun, warga Desa Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.

Home dekorasi hasil karya Lingga ini bermacam-macam. Mulai rak tempat televisi, rak bumbu, rak pigora, anek hiasan dinding dan hexagonal. Namun yang paling diminati konsumen, yakni hexagonal karena dapat dijadikan atau diisi dengan berbagai macam sesuai selera konsumen.

Untuk membuat home dekorasi ini, awalnya kayu-kayu limbah dipotong sesuai ukuran yang sudah dipersiapkan, dan kemudian dihaluskan dnegan cara diamplas. Bahan kayu yang sudah terpola, disatukan hingga membentuk hexagonal. Selanjutnya hexagonal dikreasi dengan kerajinan lainnya, sesuai dengan pesanan para pelanggan .

Namun siapa sangka, jika ide membuat home dekorasi ini, berawal saat usaha warungnya tutup akibat dampak pandemi covid 19. Saat melamun di rumah, tiba-tiba ia melihat limbah kayu dan akhirnya limbah kayu tersebut ia jadikan kerajinan home industri. Padahal Lingga tidak mempunyai keterampilan pertukangan. Namun karena ia terus berusaha, akhirnya kerajinan home industri hasil karyanya diminati oleh pelanggan.

Meski untuk pemasaran kerajinan kayu limbah home dekorasi lewat media sosial, namun peminatnya sangat banyak. Selain dari Kota Kediri dan Blitar, para pemesan juga juga datang dari Jakarta dan juga dari luar jawa.

Untuk harganya juga sangat terjangkau. Yakni mulai dua puluh ribu sampai satu juta lima ribu rupiah. Berkat usahanya dalam sebulan, omset Lingga bisa mencapai jutaan rupiah.

download madu tv di playstore

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: