Beranda Berita KREATIF , SEORANG DISABILITAS MEMBUAT MINIATUR KAPAL KLASIK AMERIKA ABAD 18 DAN...

KREATIF , SEORANG DISABILITAS MEMBUAT MINIATUR KAPAL KLASIK AMERIKA ABAD 18 DAN 19 DARI BAMBU APUS

30
0

Memanfaatkan bambu yang mudah diperoleh disekitar tempat tinggalnya , serta harganya yang murah , seorang disabilitas warga tulungagung , jawa timur , membuat miniatur kapal dari benua amerika abad 18 dan 19 , yang bentuknya klasik serta unik . meski berbahan dari bambu seharga belasan ribu per batang , namun kerajinan kapal klasik ini , di jual hingga harga ratusan ribu rupiah , tergantung tingkat kesulitan selama proses membuatnya .

Tumpukan ruas bambu yang diletakkan di teras rumahnya , yang sekaligus juga dijadikan sebagai tempat kerjanya , di mana , budiono , seorang disabilitas warga desa jarakan , kecamatan gondang , tulungagung , jawa timur , menyelesaikan kerajinan miniatur kapal klasik dari benua amerika di abad 18 dan 19 .

Bambu jenis apus yang didapatkan dari sekitar desanya , seharga 15 ribu rupiah per batang , setelah di potong per ruas , oleh budiono , di irat sesuai dengan ukuran perahu yang akan di buat . dari iratan bambu yang bagian kulitnya di buang inilah , budiono , memulai mengerjakan rangka dan lambung kapal . meski saat membuat bodi lambung kapal , terlihat sepele , atau asal tempel , namun tetap memerlukan ketelitian dan perhitungan yang tepat , agar nantinya di dapat bentuk yang serasi dan enak di pandang mata .

Tak kalah pentingnya , seluruh bagian kapal , dikerjakan penuh dengan ketelatenan dan ketelitian . untuk mengerjakan 1 unit miniatur perahu atau kapal , minimal dapat diselesaikan selama 1 minggu , atau tergantung tingkat kesulitan jenis kapal yang di buat . selain pinisi , kapal layar tradisional khas milik indonesia , budiono , juga membuat kapal uap mississippi , buatan abad 19 , dan
Kapal fiksi black pearl , yang ada dalam serial film pirates of the caribbean , dengan setingan abad 18 .

Menurut budiono , selama pengerjaan miniatur kapal klasik ini , bagian yang tersulit adalah memasang bagian ornamen kapal , karena harus di pasang sedetail mungkin , agar mirip dengan aslinya . sedangkan pemesan yang datang dari berbagai kota di jawa timur , lebih menyukai memesan kapal uap mississippi .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

44 − = 34