KOTA MALANG – Viral Sekolah Jadi Hotel

KOTA MALANG – Viral Sekolah Jadi Hotel

Viral di media sosial Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Malang  disebut-sebut berubah menjadi hotel selama pandemi corona. Faktanya  ruang kelas yang disulap menjadi kamar tersebut, sudah beroperasi sejak 2 tahun terakhir sebagai tempat praktek kerja siswa S-M-K bersangkutan , meski baru dikenal 1 bulan terakhir.

Bangunan sekolah menengah kejuruan negeri 4 ini, terletak di jalan Tanimbar Kota Malang dari luar gedung sekolah ini memiliki arsitektur kolonial dan berdiri di areal yang luas ke belakang.

Awalnya  S-M-K Negeri 4 memiliki konsep sekolah kejuruan dengan rombongan belajar besar, hingga 33 kelas untuk 3 tingkatan. Namun sejak ada pembatasan tahun 2018 silam, manajemen sekolah terpaksa memangkasnya menjadi 24 kelas tersisa.

Tak ingin ruang kelas yang ditinggalkan tak terpakai , memaksa pihak sekolah mengubahnya menjadi kamar penginapan atau edu house yang ditujukan sebagai tempat beristirahat tamu atau perusahaan yang bekerjasama dengan s-m-k negeri 4 kota malang.

Sempat kolaps pada april 2020 kemarin, manajemen sekolah kembali membuka hotel pada 15 juli 2020 kemarin . Setelah menggandeng salah satu operator aplikasi layanan penginapan, saat ini  28 kamar yang terdiri dari 2 tipe  keluarga dan standar yang tersebar di lantai 2 dan 3 gedung sekolah siap menerima tamu di kala pandemi corona tahun ini.

Meski baru beroperasi, kamar hotel yang juga menjadi sarana praktek siswa jurusan perhotelan S-M-K Negeri 4 ini sudah banyak di pesan. Terutama pada masa akhir pekan, tentu saja dengan harga pemesanan di bawah harga kamar hotel atau penginapan pada umumnya.