Beranda Regional Blitar Kota Kediri jalin kerjasama pemenuhan pasokan telur dari Blitar

Kota Kediri jalin kerjasama pemenuhan pasokan telur dari Blitar

87
0

kediri.Jaga ketersediaan komoditas telor ayam Pemerintah Kota Kediri jalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Blitar . Sebagai konsumen Kota Kediri akan menerima pasokan telor dari para peternak di bumi proklamator selain mengantisipasi kelangkaan telor pada hari natal dan tahun baru, kerjasama ini juga bertujuan untuk menekan laju inflasi.

Kerjasama saling menguntungkan antara Pemerintah Kota Kediri dengan Kabupaten Blitar ini diwujudkan dalam bentuk perjanjian antara UD Arya Bintang Jaya Kota Kediri dengan Koperasi Putera Blitar. Blitar sebagai pemasok kebutuhan telor nasional dengan produktifitas sebesar 500 ton perhari akan mendistribusikan telornya ke berbagai daerah termasuk Kota Kediri sebagai konsumen .

Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri mengatakan kerjasama ini untuk menjamin ketersediaan pasokan telor ayam di Kota Kediri khususnya menjelang momentum hari natal dan tahun baru yang dikhawatirkan terjadi kelangkaan . Selain itu tujuan lainnya untuk menekan laju inflasi di Kota Kediri dengan cara menekan harga telor melalui upaya memangkas rantai distribusi .

Ketua Koperasi Putera Blitar Sukarman mengaku akan mensuplay permintaan telor ayam untuk masyarakat Kota Kediri sesuai kebutuhan yang diinginkan . Saat ini Blitar menjadi pemasok kebutuhan telor nasional sebesar 30 persen dengan jumlah peternak sekitar 4 ribuan. Peternak di Blitar juga telah melakukan kerjasama serupa dengan daerah-daerah lain di indonesia, seperti Tasikmalaya dan DKI Jakarta .

Kerjasama ini memastikan pasokan komoditas pangan di Kota Kediri tetap terjaga. Bank Indonesia perwakilan Kediri menyarankan agar pengambilan telor dari Blitar dilakukan saat terjadi gejolak harga . Karena apabila harga stabil telor di kota kediri masih mencukupi kebutuhan masyarakat ./funy/biro kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here