Korsleting Listrik, Sebuah Rumah dan Toko Bangunan Terbakar

Kebakaran melanda rumah dan toko bangunan di Dukuh Tegalsari, Desa Dawungsari

Kendal, Jawa Tengah – Kebakaran hebat melanda sebuah rumah dan toko bangunan di Dukuh Tegalsari, Desa Dawungsari, Kecamatan Pegandon, Kendal, Jawa Tengah pada Jumat dini hari. Kejadian ini, yang disebabkan oleh korsleting listrik, menimbulkan kerugian material sebesar 800 juta rupiah. Namun, berita baiknya, seluruh penghuni rumah berhasil diselamatkan.

Menurut keterangan Kapolsek Pegandon, AKP Adi Winarno, kebakaran terjadi sekitar pukul 02.15 WIB. Pemilik rumah yang sedang tidur terbangun karena listrik rumah padam. Saat terbangun, pemilik rumah melihat api sudah membesar di bagian toko, tepatnya di area spidometer PLN.

Pemilik rumah dengan sigap membawa istri dan anaknya keluar rumah melalui pintu di kanan rumahnya. Bersama sejumlah warga, mereka berhasil menyelamatkan 5 drum thinner yang berada di luar toko, mobil pribadi, serta barang lainnya.

Pihak pemdes melaporkan kejadian ini ke Polsek Pegandon dan pemadam kebakaran untuk membantu memadamkan api. Lima unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas berjibaku dengan cepat untuk memadamkan api yang hampir meludeskan seluruh bangunan.

Akhirnya, api dapat dipadamkan sekitar pukul 06.00 WIB, dengan seluruh penghuni rumah selamat. Meskipun kerugian material mencapai 800 juta rupiah, namun keberhasilan menyelamatkan nyawa dan harta benda lainnya merupakan berita positif.

Kapolsek Pegandon menegaskan bahwa kebakaran ini murni disebabkan oleh korsleting listrik. Pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan listrik maupun instalasi listrik. Dengan sikap waspada dan pencegahan, diharapkan kejadian serupa dapat diminimalisir di masa mendatang.