KORBAN BANJIR SIAP DI RELOKASI KE TEMPAT BARU

45

BANYUWANGI – Rencana relokasi warga terdampak banjir yang rumahnya hanyut tersapu besarnya banjir bandang pada tanggal 3 November tersebut.

Warga bersedia direlokasi ke Hunian Sementara (Huntara) oleh pemerintah yang lokasinya ada di Perkebunan PTPN 12. Selain bersedia direlokasi korban banjir tersebut berharap segera terealisasi.

Salah satu korban banjir Agus Priyatno yang rumahnya rata dengan tanah di Dusun Krajan, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, menyambut baik rencana relokasi rumahnya. Terlebih lokasi huntara di lahan PTPN 12 berada di tempat yang lebih tinggi dan tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya yang lama.

Agus mengaku sangat bersyukur jika dipindahkan ke lokasi yang ada di Perkebunan PTPN 12 ini, karena tidak harus beradaptasi dengan masyarakat dan lingkungan baru. Selain itu, masyarakat termasuk dirinya juga sempat menolak direlokasi ketempat yang jauh karena warga sempat mendapat kabar bahwa akan direlokasi ke daerah Jatirono dan belakang Koramil Kalibaru.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi korban banjir dan juga meninjau lokasi tempat relokasi warga. Khofifah mengaku senang saat meninjau lokasi relokasi ini karena tidak jauh dari perkampungan asal korban banjir sehingga tidak mencabut akar budaya masyarakat.

Akan tetapi masyarakat juga harus bersabar menunggu proses administrasi yang sedang berjalan. Sedangkan untuk dana pembangunan huntara ini sudah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Untuk sementara sembari menunggu proses administrasi dan pembangunan rumah huntara oleh Pemprov Jatim dan Pemda Banyuwangi, korban banjir untuk sementara waktu tinggal di rumah tetangga dan keluarga.