Connect with us

Nasional

Kolaborasi DMI dan Kemenag Kota Kediri Sukseskan Bantuan Operasional Masjid dan Musala

Diterbitkan

pada

Kediri – Di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Agama RI menyediakan bantuan operasional masjid dan musala sebesar 6,9M. Bantuan operasional ini merupakan wujud dukungan dan kepedulian Pemerintah kepada takmir dan pengurus masjid/musholla di daerah terdampak. Dengan bantuan ini, Kemenag berharap dapat membantu takmir/pengurus masjid dalam memenuhi keperluan masjid/musala, penerapan protokol kesehatan, dan percepatan penanganan Covid-19. Hal tersebut menurut Kepala Kementerian Agama Kota Kediri, Muhdlar, yang tersampaikan oleh Seksi Bimas Islam, Kantor Kementerian Agama Kota Kediri, A. Zamroni, Kamis (9/9).

“Selama ini keperluan operasional masjid dan mushola dapat terpenuhi oleh bantuan/infaq Jemaah. Pembatasan oleh pemerintah ini mempengaruhi pemenuhan keperluan operasional di masjid dan musala. Melihat permasalahan ini, Kementerian Agama bermaksud membantu pemenuhan operasionalnya dalam penanganan Covid-19,”ujarnya.

“Besaran bantuan opersional sebesar Rp20 juta untuk tiap masjid dan Rp10 juta untuk tiap musala,”imbuh Zamroni.

Adanya bantuan operasional masjid dan musholla ini disambut dengan senang oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kediri. “Alhamdulillah bantuan ini akan sangat membantu pengurus/takmir masjid dan musala di Kota Kediri. Kami dari DMI ikut mendukung dan akan membantu mensukseskan bantuan operasional ini,”ujar Ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kota Kediri, Abu Bakar Abdul Jalil, yang akrab disapa Gus Ab ini.

Zamroni menjelaskan bahwa untuk mendapatkan bantuan operasional ini, takmir/pengurus  dapat mengajukan permohonan secara online. “Seluruh sistem dan mekanisme pengajuannya secara online. Paling lambat pada 12 September 2021,”terangnya.

Menurut Zamroni, ada beberapa persyaratan dan prosedur permohonan bantuan yang harus terpenuhi oleh takmir antara lain, terdaftar pada Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kementerian Agama, memiliki rekening Bank atas nama masjid atau musala, dan terdampak atau berada pada daerah yang terpapar Covid-19.

“Jika ada kekurangan persyaratan kami siap membantu untuk kelengkapan dokumennya,”imbuh Zam.

Di kesempatan yang sama, Gus Ab juga berpesan agar takmir/pengurus masjid dan musala yang mendapatkan bantuan operasional, bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. “Selalu jaga amanah dan kepercayaan yang telah kita dapatkan,”pesannya. (me)

Continue Reading
Advertisement

Bencana

Kapal SPOB Seroja 01 Temukan 2 Korban KM Liberty 1 di Laut Utara Bali

Diterbitkan

pada

Saat petugas Basarnas Bali melakukan pencarian terhadap korban KM Liberty 1, Rabu (27/10/2021). ANTARA/HO-Basarnas Bali. (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)

Denpasar – Kapal SPOB Seroja 01 menemukan dua orang ABK KM Liberty 1 di perairan utara Bali pada Rabu, (27/10) pukul 15.30 Wita.

“Dua orang korban tersebut atas nama Rivaldy Refly (juru minyak) dan Hadiq Zain (koki), saat ditemukan Rivaldy Refly masih dalam keadaan selamat namun Hadiq Zain sudah dalam keadaan meninggal dunia,” kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada dalam siaran persnya di Denpasar, Bali, Rabu.

Ia mengatakan saat ini Kapal SPOB Seroja 01 mengevakuasi dua korban ini menuju Pelabuhan Lembar, Lombok.

“Benar, korban akan dievakuasi menuju Pelabuhan Lembar, Lombok. Kami sudah koordinasikan dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram. Estimasi tiba di Pelabuhan Lembar sekitar pukul 6 pagi,” jelasnya.

Selanjutnya, Basarnas akan melaksanakan pencarian di lokasi ditemukannya korban dengan mengerahkan KN SAR Arjuna 229.

Lokasi penemuan berjarak sekitar 40.56 NM dengan heading 51.29° dari Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng. Setelah dua korban dari 9 ABK ditemukan, Basarnas akan mencari tujuh ABK yang masih hilang.

Sebelumnya, diketahui bahwa KM Liberty 1 lepas sandar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Jumat, (22/10) pukul 00.07 WIB dini hari menuju Reo Flores NTT. Namun pada Sabtu, (23/10) pukul 22.07 Wita kapal yang berjenis cargo ini tenggelam karena dihantam badai di perairan utara Bali.(antara/*)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

 

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: