Beranda Berita KLETENG TJOE TIK KIONG LAKUKAN TRADISI AYAK ABU HIO SWA YANG ADA...

KLETENG TJOE TIK KIONG LAKUKAN TRADISI AYAK ABU HIO SWA YANG ADA DI BOKOR ATAU DING

51
0

Sepekan Jelang Tahun Baru Imlek , Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung , Jawa Timur , lakukan tradisi Ayak Abu Hio Swa atau Dupa yang ada di dalam Bokor , atau Ding , untuk menyambut para dewa naik ke langit, Tradisi Ayak Abu ini yang dilakukan 1 tahun sekali ini , juga untuk membersihkan benda-benda lainnya , sebelum dikembalikan ke dalam bokor .
Kesibukan sudah nampak di Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung , Jawa Timur , sepekan menjelang Perayaan Tahun Baru Imlek , yang jatuh pada tanggal 25 Januari mendatang ,, beberapa pekerja , dan juga didampingi seorang bioma atau juru kunci klenteng , membongkar abu hio swa yang ada di dalam bokor .
Kegiatan tersebut , merupakan Tradisi Ayak Abu , yang ada di Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung , yang telah dilakukan turun temurun , dan dilakukan sepekan jelang perayaan imlek ,, tradisi ayak abu ini, untuk membersihkan benda-benda lain, diantaranya Gagang Hio yang tidak ikut terbakar , saat umat Kong Hucu Bersembahyang .
Sebelum menggelar Tradisi Ayak Abu , beberapa Umat Klenteng , melakukan persembahyangan di depan Dewa Mak Co Thian Siang Seng Bo , yang bersemayam di Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung, sedangkan tradisi ayak abu tersebut , merupakan bentuk penghormatan menyambut para dewa naik ke langit.
Menurut Bioma , sebutan juru kunci perempuan , di Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung , bahwa tradisi saat menjelang imlek di masing-masing tidak sama , dan di Klenteng Tulungagung , Tradisinya Mengayak Abu , dan hal itu telah dilakukan secara turun temurun , dan tidak boleh ditinggalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 1 = 1