Beranda Berita KLENTENG TJOE TIK KIONG TULUNGAGUNG , GELAR RITUAL GANTI JUBAH DEWI MAK...

KLENTENG TJOE TIK KIONG TULUNGAGUNG , GELAR RITUAL GANTI JUBAH DEWI MAK CO

38
0

Tiga hari jelang perayaan tahun baru imlek , klenteng tjo tik kiong tulungagung , jawa timur , melakukan ritual mengganti jubah dewi mak co thian siang seng bo , dari jubah yang lama berwarna kuning , di ganti dengan warna merah , yang melambangkan kebahagiaan . Ritual yang hanya dilakukan para wanita ini , sebelumnya petugas pengganti jubah , sudah tidak bersuami , dan tidak sedang menstruasi .

Tuan rumah , atau dewa utama klenteng tjoe tik kiong tulungagung , jawa timur , dewi mak co thian siang seng bo , setiap menjelang perayaan tahun baru imlek , selalu minta didandani , dan rias , agar terlihat cantik , dan anggun . Untuk memenuhi permintaan tersebut , pengurus klenteng , terutama para pengurus wanita , melakukan ritual menganti jubah dewi mak co , dari jubah yang lama , di ganti dengan yang baru .

Sebelum melaksanakan ganti jubah , mereka melaksanakan ritual sembahyang , meminta ijin kepada tuhan yang maha kuasa , serta kepada para leluhur , kemudian seluruh pintu menuju ruang bersemayamnya dewi mak co , di tutup . Untuk menganti jubah dewi mak co ini , hanya boleh dilakukan oleh para wanita , karena dewa sesembahan umat kleteng tjoe tik kiong , merupakan sosok seorang wanita .

Selain mengganti jubah yang semula berwarna kuning , di ganti dengan jubah berwarna merah , yang melambang kebahagiaan menyambut imlek , juga seluruh aksesoris yang di pakai mak co , seperti mahkota , kalung , dan sepatu , juga dibersihkan dari debu , dan jelaga .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 39 = 46