PROBOLINGGO – Kisruh Tembakau, Puluhan Petani Tembakau Lurug DPRD

894

PROBOLINGGO – Kisruh Tembakau, Puluhan Petani Tembakau Lurug DPRD

Puluhan petani tembakau dan LSM LIRA Probolinggo Jawa Jimur, Kamis siang mendatangi DPRD setempat, sempat terjadi kericuhan karena di larang masuk kantor dewan. Dengan mengendarai mobil dan sepeda motor, puluhan petani tembakau dan LSM LIRA Kabupatem Probolinggo Jawa Timur mendatangi kantor DPRD setempat di jalan Panglima Sudirman Pajarakan.

Massa langsung menuju pintu masuk gedung, namun aksinya terhenti setelah pintu gerbang di tutup oleh satpol PP. Akibatnya terjadi protes dengan menggedor gedor pintu masuk.

Bahkan sebgaian massa berusaha memblokade jalan utama nasional jurusan Surabaya Banyuwangi. Sempat terjadi kemacetan dalam peristiwa ini. Untuk menghindarai kericuhan lebih parah, para petani yang di dampingi LSM LIRA Tersebut ahirnya di perbolehkan masuk untuk melakukan audensi dengan komisi 2 DPRD.

Dalam audensi yang di mediasi dari komisi 2 DPRD, para petani menuntut agar wakil rakyat segera bertindak menyelesaikan permasahan tembakau yg di anggap merugikan petani.

Dimana saat ini hasil tanam tembakau selain harganya anjlok, juga banyak tembakau yg tidak terserap karena gudang pembelian masih tutup. Semtara pemerintah daerah seakan tutup mata dalam menyelesaikan masalah tembakau ini.