Connect with us
header

Internasional

Kirim surat ke Kim Jong Un, Xi Jinping berjanji perkuat hubungan kedua negara

Diterbitkan

pada

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un berjabat tangan dengan Presiden Cina Xi Jinping di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, Cina pada 27 Maret 2018. Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service

Pyongyang, Korea Utara – Presiden China Xi Jinping kembali berjanji untuk mempertahankan hubungan baik dengan Korea Utara dan mendorongnya ke titik strategis yang baru.

KCNA melaporkan, Xi melalui surat pribadinya kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, sebagai balasan atas surat Kim pada peringatan 100 tahun Partai Komunis China awal bulan ini,  pada hari Jumat (23/7).

Dilansir dari Yonhap, Xi menjanjikan upaya untuk mempertahankan, mengkonsolidasikan dan mengembangkan hubungan dengan Korea Utara.

Bagi Xi, surat yang diterima hari Jumat (23/7) tersebut merupakan tanda persahabatan antara kedua negara.

“Di bawah situasi baru, pihak China, bersama dengan pihak Korea Utara akan memberikan kontribusi positif untuk mencapai perdamaian, stabilitas, pembangunan, dan kemakmuran regional,” tulis Xi, seperti dikutip Yonhap.

Lebih lanjut, Xi menegaskan bahwa kedua negara harus mampu menerapkan pemahaman bersama agar berhasil mempertahankan, mengkonsolidasikan, dan mengembangkan hubungan China dan Korea Utara.

KCNA juga melaporkan bahwa Xi mengucapkan terima kasih kepada Kim karena mengirimkan pesan simpati atas banjir mematikan yang melanda provinsi Henan di China tengah dan wilayah lainnya.

China dan Korea Utara memang telah menjalin persahabatan sejak lama. Kedua negara ini juga memiliki “musuh” yang sama, yakni Amerika Serikat.

Dalam suratnya yang dikirim ke Xi awal bulan ini, Kim juga berjanji untuk memperkuat hubungan persahabatan ke titik strategis baru. Termasuk mengenai pembicaraan nuklir antara Korea Utara dan AS yang belum menemui titik terang.(yonhap/kcna/ed:yr)

MaduTV on Facebook

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming