Beranda Berita Wapres Ingatkan Perubahan Pola Di Revolusi Industri 4.0

Wapres Ingatkan Perubahan Pola Di Revolusi Industri 4.0

188
0

Wapres Jusuf Kalla mengingatkan, bahwa era revolusi industri keempat telah membawa banyak perubahan pola bisnis. Di mana peran teknologi informasi sangat mendominasi, dan mendukung berjalannya roda perekonomian. Agar berhasil, maka semua pihak harus memahami perkembangan tersebut, serta meningkatkan kreativitas sumber daya manusia dalam menciptakan produk-produk unggulan.

Dalam era revolusi industri generasi keempat, atau yang juga dikenal dengan Four Point-O, peran teknologi informasi sangat mendominasi. Dan mendukung berjalannya roda perekonomian. Namun, dengan banyaknya jumlah tenaga kerja di indonesia, maka penerapannya harus hati-hati.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla, saat membuka seminar dan dialog nasional kesiapan tenaga kerja Indonesia, di Jakarta, pada 14 Januari. Dalam pola bisnis, paparnya telah terjadi perubahan. Dari yang sebelumnya menjual produk barang dan jasa secara fisik, kini dapat dipasarkan secara daring. Pola produksi pun, menurutnya, mengalami perubahan. Karena perkembangan keilmuan menciptakan produk yang lebih kreatif.

Untuk itu, ingatnya, perubahan yang terjadi, harus diikuti, dipelajari, dan dijalankan oleh pelaku bisnis. Jika tidak, tentu tidak mampu berkembang, lantaran kalah bersaing dari segi pemasaran.

Salah satu pihak yang berperan dalam keberhasilan di revolusi industri Four Point-O, lanjutnya, adalah para akademisi. Sehingga, peran perguruan tinggi, diharapkan mampu meningkatkan keilmuannya. Agar tercipta sumber daya manusia yang mampu bersaing secara global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

22 + = 23