Beranda Berita Kenalkan Budaya Indonesia Melalui Festival Tari Tradisional

Kenalkan Budaya Indonesia Melalui Festival Tari Tradisional

161
0

Untuk mengenalkan budaya nusantara kepada anak-anak, Pemerintah Kota Blitar menggelar festival tari tradisional. Dalam festival ini, para pengunjung dapat melihat jenis tari tradisonal dari berbagai daerah di Indonesia.

Lebih dari 320 penari yang terbagi dalam 30 grub dari seluruh jawa timur mengikuti festival tari tradisional, yang di gelar di istana gebang, Kota Blitar, Jawa Timur, senin malam. bertajuk festival tari Indonesia, satu grub hanya diwajibkan membawa satu tarian di hadapan para penonton.

Festival dibagi beberapa kategori, mulai dari SD, SMP, SMA, dan umum. Para penari dibebaskan memilih tarian serta cerita yang akan di angkat, dengan durasi 10 hingga 20 menit. Alhasil, beragam tari tradisinal, sukses menarik perhatian ratusan penonton.

Salah satu penonton mengku bangga dengan adanya festival semacam ini, menurutnya, selain bisa sebagai hiburan masyarakat, juga untuk mengenalkan kepada generasi muda khusunya anak-anak agar mengetahui keanekaragaman tari yang ada di Indonesia.

Menurut Tri Pangestuti sebagai penonton, Festival Tari Indonesia ini digelar oleh Pemerintah Kota Blitar dalam rangka memperingati bulan bungkarno yang jatuh pada tanggal 20 Juni nanti. Selain itu, juga untuk pembinaan terhadap kelompok-kelompok sanggar tari yang ada di Blitar Raya.

Sedangkan menurut Hari Sucipto sebagai panitia, fefestival tari ini akan berlangsung selama 5 hari,
yakni 17 hingga 21 Juni mendatang, serta akan menjadi event tahunan di Kota Blitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

85 − = 82