spot_img
Kamis, Juli 18, 2024
Beranda Nasional Kemen PPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan Wirausaha Melalui Dasa Wisma

Kemen PPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan Wirausaha Melalui Dasa Wisma

112

Jakarta – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendorong pemberdayaan perempuan kewirausahaan dapat terselenggara hingga ke tingkat akar rumput melalui program Dasa Wisma.

“Hingga kini perempuan masih kategori sebagai kelompok rentan karena mengakarnya budaya patriarki yang menempatkan mereka dalam posisi yang lebih rendah dari laki-laki hampir dari segala aspek kehidupan. Apalagi dampak luar biasa pandemi COVID-19 memperparah kesenjangan gender antara perempuan dan laki-laki,” kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga melalui siaran pers di Jakarta, Senin (4/10) malam.

Menurutnya, dengan pemberdayaan perempuan kewirausahaan melalui Dasa Wisma, dapat memberikan manfaat kepada para perempuan untuk meningkatkan kualitas hidup di masa pandemi.

Dasa Wisma merupakan kelompok ibu dari 10-20 Kepala Keluarga (KK) rumah yang bertetangga yang bertujuan untuk mempermudah jalannya suatu program.

Ada lima isu prioritas arahan Presiden Joko Widodo yang yang menjadi amanat untuk Kemen PPPA. Salah satunya peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender.

Kemen PPPA pun mengupayakan pengembangan model desa ramah perempuan dan peduli anak. Kemen berharap hal tersebut dapat membantu mempercepat upaya pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di tingkat akar rumput.

“Dasa Wisma di Desa Sukutokan, Kecamatan Kelubagolit, Kabupaten Flores Timur ini kami harap dapat menjadi penggerak perubahan. Dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan. Yang dampaknya tidak hanya terasa oleh lingkungan sekitar saja. Akan tetapi juga dapat menginspirasi seluruh perempuan di Indonesia,” ucap Menteri Bintang.

Bintang menyebut melalui terselenggaranya forum-forum, dapat memberikan gambaran riil dan nyata mengenai permasalahan yang terjadi di daerah. Sehingga kebijakan yang pemerintah pusat ambil dapat tepat sasaran. (Antara/apd)