Beranda Berita Kekeringan petani gagal panen babat padi untuk pakan ternak

Kekeringan petani gagal panen babat padi untuk pakan ternak

45
0

Kekeringan petani gagal panen babat padi untuk pakan ternak

Musim kemarau membuat hektaran sawah petani di nganjuk,jawa timur,kekurangan air dan mati.akibatnya petani mengalami gagal panen dan terpaksa membabati tanaman padi untuk pakan ternak.

Kekeringan ini terjadi di desa mojoduwur kecamatan ngetos.belasan hektar tanaman padi milik petani terlihat mati akibat kekurangan air dan mengalami gagal panen.

Para petani pun hanya bisa pasrah dan terpaksa membabati tanaman padinya untuk dijadikan pakan ternak.

Menurut petani sawahnya mengering semenjak dua bulan yang lalu,semenjak bulan mei sudah tidak air yang mengaliri sungai maupun persawahan.sedangkan untuk memompa air petani mengaku mengalami kesulitan pasalnya tanah di lereng gunung wilis ini sulit untuk dilakukan pengeboran.

Rata rata petani di desa mojoduwur hanya mengandalkan air hujan dan langsung mengering saat musim kemarau datang karena tidak ada embung untuk menampung air.

Hal ini membuat petani gagal panen dan merugi jutaan rupiah.

Sementara dinas pertanian setempat hanya bisa menyarankan petani untuk meng asuransikan sawahnya agar dapat memperoleh ganti rugi dari pemerintah.sedangkan untuk mengatasi kekeringan pihaknya masih akan ber koordinasi ke instasi lainya untuk dapat meringankan keluh kesah petani.

Para petani berharap agar pemerintah bisa membuatkan bendungan supaya petani di lereng gunung wilis bisa mendapatkan air untuk mengairi sawah di saat musim kemarau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 37 = 45