Kejaksaan Gunungkidul Berhasil Tangkap Napi Kabur

95

Yogyakarta – Aparat Kejaksaan Negeri Gunungkidul berhasil meringkus seorang narapidana perempuan yang berhasil kabur sejak 2019 silam. Narapidana yang kabur diduga akibat kelalaian saat pengawalan aparat ini berhasil diringkus di tempat persembuanyian di Kota Bekasi.

Setelah melakukan pengintaian dan pencarian sejak Desember, aparat Kejaksaan Negeri Gunungkidul berhasil menangkap kembali Dika Ratnasari. Napi yang kabur usai putusan pengadilan pada 2019 silam ini ditangkap di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dika dikenal cukup licin dan sering berpindah-pindah lokasi persembunyian. Napi yang tersandung kasus pencurian dan penggelapan ini juga diketahui sering bergonta ganti nomor ponsel sehingga cukup menyulitkan petugas melakukan pelacakan. Tim pencarian bahkan harus membutuhkan waktu lebih dari satu bulan untuk mengungkap keberadaan sekaligus melakukan peringkusan.

Petugas berhasil memancing Dika dari tempat persembunyianya. Proses penangkapan berlangsung lancar karena tidak ada upaya perlawanan dan usaha melarikan diri. Pada 2019 lalu, Dika Ratnasari berhasil kabur dari aparat pengawal saat hendak dibawa ke lapas perempuan usia putusan. Para pengawal diduga melakukan kelalaian saat mendampingi narapidana ini, sehingga dimanfaatkan untuk melarikan diri.

Kepala Kejaksaan Negeri Gunungkidul Ismaya Hera Wardani mengatakan, pengawal yang lalai juga telah mendapatkan sanksi disiplin dari kejaksaan. Dika selanjutnya akan kembali diserahkan kembali ke lapas perempuan untuk menjalani vonis yang dulu telah di putuskan, yakni kurungan 1 tahun penjara. (red)