fbpx
Connect with us

Berita

KEDIRI – Wisata Kuliner Kampung Lele Bagi Pencinta Kuliner

Diterbitkan

pada

KEDIRI – Wisata Kuliner Kampung Lele Bagi Pencinta Kuliner

Bagi pencinta kuliner sate, sebuah wisata kampung lele, yang menawarkan sensasi kuliner sate ikan lele. Selain menyehatkan juga mengandung banyak protein, sate lele juga rendah kolestrol, sehingga aman bagi semua usia yang mengkonsumsinya.

Wisata kuliner kampung lele yang berada di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Menyediakan kuliner terbuat dari olahan bahan ikan lele. Namun yang paling diminati, yakni sate ikan lele.

Kuliner sate lele ini berawal dari coba-coba pemilik kampung lele, Mariani 57 tahun saat ikut karnaval di desa. Ia membuat sate lele dan dibagi-bagikan kepada warga. Ternyata respon dari warga luar biasa karena yang mencicipi bilang rasanya enak.

Untuk membuat sate ikan lele, Mariani tinggal mengambil ikan lele yang kolamnya berada di samping warung. Mariani harus memilih ikan lele yang ukurannya besar, agar dagingnya tebal. Ikan lele lalu diiris dan disisakan durinya. Selanjutnya ikan lele dibersihkan, dan kemudian diiris tipis-tipis sesuai ukuran sate pada umumnya. Setelah ditancapkan di bambu kecil, sate ikan lele siap dipanggang.

Namun untuk membakar sate lele, Mariani tidak memakai arang layaknya sate kambing atau sate ayam. Pembakaran dilakukan dengan kompor gas karena lebih bersih dan semakin efisien. Sate lele  ini banyak mengandung protein, dan rendah kolestrol, sehingga aman dikonsumsi orang yang mempunyai riwayat darah tinggi.

Salah-satu penikmat sate ikan lele Muji Harjito mengaku, awalnya ia penasaran dengan sate ikan lele. Namun setelah mencoba, ternyata rasanya sangat enak. Selain itu, tekstur dagingnya juga lembut, jika dibandingkan dengan sate kambing atau ayam.

Pemilik kampung lele Mariani mengatakan, ia buka warung sate ikan lele berawal dari coba-coba. Dan alhamdulillah respon warga juga baik. Untuk satu porsinya dijual dua puluh ribu, yang berisi sepuluh tusuk sate ikan lele, lengkap dengan nasi putih dan sambalnya. Saat ini omzet sate lele di warungnya bisa mencapai dua hingga empat juta perharinya.

Selain menjual sate lele, Mariani juga membuat masakan olahan berbahan dasar ikan lele. Antara lain bakso lele, nugget lele, sempol lele, tahu bakso lele, stick lele serta crispi. Seluruhnya ada 18 item produk makanan berbahan dasar daging ikan lele.

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: