Kediri – Wayang Raksasa, Ceritakan Bupati Kediri Dan Wakilnya

Kediri – Wayang Raksasa, Ceritakan Bupati Kediri Dan Wakilnya

Seorang seniman asal Kediri, menggelar kesenian wayang. Uniknya, wayang tersebut tidak berukuran biasa, seperti wayang pada umumnya, melainkan berukuran besar dengan tinggi 3 meter.
Seniman tersebut, dalam lakonnya menceritakan wayang Gatot Kaca dan Srikandi. Aksi pagelaran wayang raksasa ini, merupakan dedikasi untuk bupati dan wakil bupati Kediri yang baru dilantik.

Bertempat di museum pribadi milik Sampurno Hadi, di Jalan Bendungan Watuturi Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Seniman yang juga sebagai pelukis ini, membuat wayang raksasa berukuran kurang lebih 3 meter. Wayang buatannya tersebut berasal dari bahan kardus.

Selain itu, wayang setinggi 3 meter digelar dan dipentaskan meskipun hanya 10 menit. Dalam melakonkan sebuah pagelaran wayang tersebut, dirinya harus naik turun kursi, karena ukuran wayang yang besar.

Beberapa tokoh wayang seperti, Gatot Kaca, Srikandi, Semar hingga Petruk Bagong dibuat dalam bentuk besar dan kecil. Dalam pagelaran wayang tersebut, tokoh wayang Gatot Kaca dan Srikandi, sengaja ditempeli foto bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana dan wakilnya Dewi Maria Ulfa. Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mereka menjadi bupati dan wakil bupati Kediri.

Pria yang berprofesi sebagai guru seni ini, juga menceritakan sedikit kisah bupati Kediri, layaknya seorang dalang yang profesional. Menurutnya, lakon yang di bawakan Gatot Kaca dan Srikandi, yang mampu menggapai matahari. Yang menggambarkan bahwa tidak semua orang bisa meraih kedudukan kursi bupati. Hanya orang yang hebat dan merakyat yang mampu meraihnya.

Pagelaran wayang tersebut juga memberikan pesan, bahwa bupati Kediri yang digambarkan sebagai Gatut Kaca yang tinggi besar dan gagah, dapat mengayomi masyarakat Kab Kediri secara keseluruhan.