fbpx
Connect with us

Berita

KEDIRI – Ratusan Hektar Sawah Pertanian Mengalami Kekeringan, Petani Di Kabupaten Kediri Berinovasi

Diterbitkan

pada

KEDIRI – Ratusan Hektar Sawah Pertanian Mengalami Kekeringan, Petani Di Kabupaten Kediri Berinovasi

Sebanyak 150 hektar lahan pertanian di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengalami kekeringan pada puncak kemarau kali ini, karena sumber air menyusut. Untuk mendapatkan air, petani berinovasi untuk menyedot sumber air menggunakan mesin pompa air dengan berbahan bakar elpiji.

Memasuki musim tanam ketiga, sebanyak 150 hektar lahan pertanian milik petani di Desa Blimbing, Kecamatan Tarokan mengalami kekeringan. Air irigasi dari sumber, dan sungai brantas tidak sampai kelahan mereka, karena debit air yang menyusut.

Petani yang bercocok tanam terpaksa memodifikasi mesin pompa air berbahan bakar elpiji untuk mengairi lahan pertanian mereka. Petani lebih memilih elpiji dari pada BBM pertalit, untuk menghidupkan mesin pompa karena lebih murah.

Dalam seperempat hektar lahan, sekali mengairi lahan mereka menghabiskan biaya 30 ribu rupiah untuk membeli elpiji, sedang jika menggunakan bahan bakar minyak pertalite bisa menghabiskan biaya 80 ribu rupiah. Sementara dalam sekali musim tanam petani harus mengairi lahanya hingga 12 kali.

Menurut petani kekeringan mulai kesulitan air sejak bulan Agustus lalu, dan kondisi ini terjadi setiap musim kemarau seperti saat ini. Akibat membengkaknya biaya produski, petani mengalami kerugian, karena sisa hasil produksi selama 4 bulan hanya 1 juta rupiah, belum dikurangi biaya lainnya.

Akibat kekeringan hasil produksi jagung petani juga menurun dari 18 ton menjadi 16 ton, setiap seperempat hektar. Saat ini, selain kesulitan air petani juga mulai kesulitan mendapatkan elpiji, karena permintaan elpiji meningkat, seiring petani menggunakan elpiji untuk menghidupkan mesin pompa mereka.

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: