fbpx
Connect with us

Berita

KEDIRI – Perdayakan Masyarakat Desa Grogol Beri Pelatihan Bonsai Yang Lebih Berkonsep

Diterbitkan

pada

KEDIRI – Perdayakan Masyarakat Desa Grogol Beri Pelatihan Bonsai Yang Lebih Berkonsep

Dalam upaya pemberdayaan dan lebih berkonsep dalam pembuatan bonsai. Pemuda Desa Grogol, Kecamatan Grogol Kab Kediri yang hobi bonsai diberikan pelatihan. Pemuda Desa Grogol yang hobi dengan tanaman bonsai, ditampung dalam komunitas yang bernama ‘Bonsai Adventure’ serta diberi pelatihan membuat bonsai yang lebih berkonsep. Bermula dari pembangunan bandara, dengan banyaknya dongkelan pohon serut.

Pemuda Desa Grogol Kecamatan Grogol Kab Kediri, dilatih bagaimana membuat bonsai yang lebih berkonsep. Dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Kegiatan pelatihan bonsai ini, bermula dari pembangunan bandara, dimana banyaknya dongkelan pohon serut. Akhirnya pemuda setempat mengisi waktu luang usai bekerja,dengan  mencari dongkelan pohon serut untuk dibuat bonsai. Sehingga kepala desa setempat, berinisiatif memfasilitasi dalam komunitas yang diberi nama ‘Bonsai Adventure’, dengan diberikan pelatihan agar bonsai dari dongkelan tersebut lebih berkonsep.

Komunitas adventure bonsai dalam pelatihan membuat bonsai, mendatangkan pemateri dari Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia atau PPBI yakni, Dwi Bachtiar Agung pendidik bonsai asal Kab Nganjuk dan Romadhon pendidik bonsai asal Kediri.

Dalam pemberian materi para peserta diberikan cara bagaimana tanaman bonsai berkonsep bisa menarik, seperti cara program akar asam jawa sejak mulai kecambah, dan membuat bonsai panorama.

Peserta praktek langsung teknik pemotongan daun dan pemangkasan cabang pohon yang tidak sejajar, atau tegak lurus. Sehingga nantinya kesan pohon tersebut bila dipandang dari berbagai sudut bisa tampak tinggi.

Kepala Desa Grogol Suparyono yang juga sekaligus pembina ‘Bonsai Adventure’ menjelaskan, kegiatan pelatihan bonsai ini untuk menyalurkan hobi pemuda Desa Grogol supaya bisa terarah dan juga terkonsep.

Dalam pelatihan tersebut, juga diberikan cara supaya pohon bonsai apabila dipandang dari berbagai arah sudut pandang tampak indah, dengan membedakan tampak depan, tampak belakang maupun dari sudut kedua sisi yang lainnya.

Salah satu pemberi materi, Dwi Bachtiar Agung Jatmiko pendidik PPBI asal Nganjuk menjelaskan, pertemuan yang sudah dilakukan ketiga kalinya ini, memberikan materi kepada pemuda setempat membuat tanaman bonsai tampak naturalis. Ia juga menekankan, dalam pelatihan bonsai, pemuda Desa Grogol dengan penerapan budidaya.

Diharapkan dengan pelatihan bonsai dengan penerapan budidaya, nantinya pemuda Desa Grogol, bisa membudidayakan bonsai sendiri, tidak mengambil dari alam, sehingga kelestarian alam tetap terjaga. Kegiatan pelatihan bonsai dilaksanakan di Dusun Tanjung Baru Desa Grogol, yang nantinya juga dilakukan pendampingan dari rumah ke rumah setiap satu minggu sekali.

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: