fbpx
Iklan
Connect with us

Berita

KEDIRI – Pengrajin Wayang Tetap Eksis Di Situasi Pandemi Covid- 19

Diterbitkan

pada

KEDIRI – Pengrajin Wayang Tetap Eksis Di Situasi Pandemi Covid- 19

Dalam situasi pandemi covid- 19, pengrajin wayang di Desa Bogo Kidul gang III, tetap eksis membuatnya. Meskipun wayang buatannya, hanya beberapa yang laku terjual di kondisi pandemi seperti sekarang.

Karmiadi, warga Dusun Mulyosari Desa Bogo Kidul RT 1 RW 2 gang III, Kecamatan Pelemahan, tetap eksis dalam membuat wayang. Meski di situasi pandemi covid- 19 seperti sekarang.

Dirinya tak hanya membuat kerajinan wayang, akan tetapi juga menjual hasil karyanya. Setiap harinya Karmiadi, menjual hasil kerajinan wayang, dengan mangkal di perempatan Bogo.

Menurut karmiadi, sebelum mewabahnya virus corona, dirinya bisa menjual 40 hingga 50 biji wayang berbagai jenis dalam satu bulan. Namun, di kondisi pandemi dirinya hanya mampu menjual beberapa.

Pak di wayang, panggilan akrabnya. Yang berusia 65 tahun, menekuni kerajinan wayang sejak 40 tahun silam. Dirinya mengaku, membuat wayang mendapatkan pituah atau wangsit.

Wayang hasil buatannya, ada tiga jenis bahan wayang. Wayang dari kertas, wayang dari bahan kulit dan wayang dari talang.

Dirinya membandrol harga hasil kerajinan wayang buatannya dengan harga bervariasi. Dari harga yang termahal wayang dari bahan kulit, dan termurah wayang dari bahan kertas.

Karmiadi memproduksi dan menjual berbagai macam jenis wayang sejak tahun 1980-an. Ia mengaku keahliannya didapat secara autodidak. Wayang hasil buatannya sendiri, tidak hanya laku di dalam negeri, bahkan hingga ke mancanegara.

Iklan

download madu tv di playstore

Temukan Kami di Facebook

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: