Connect with us
header

Jawa Timur

Kediri – Pagelaran Wayang Potehi Terapkan Prokes Peringati Lahirnya Mak Co

Diterbitkan

pada

Kediri – Dalam rangka memperingati lahirnya Mak Co atau Dewi Samudra, Klenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri menggelar kesenian wayang Potehi selama satu bulan. Dalam gelaran ini pihak penyelenggara tetap terapkan protokol kesehatan.

Wayang Potehi terlaksana di Klenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri. Pagelaran wayang Potehi sengaja dalam rangka memperingati lahirnya Mak Co. Wayang Potehi merupakan salah satu kesenian khas yang berasal dari Cina bagian selatan. Kebudayaan ini musuk ke Indonesia sekitar abad 16 sampai 19. Pagelaran wayang Potehi digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat, tidak menjadi tontonan bagi umum.

Dalam pagelaran wayang Potehi, Sugio Waluyo memunculkan tokoh-tokoh dalam cerita wayang Potehi dalam dua sesi. Sesi pertama, pertujukan wayang Potehi mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB, dengan judul Sie Kong. Dalang wayang Potehi yakni akrab mendapat nama panggilan Subur. Ia mengisahkan tentang Sie Kong, seorang panglima perang dalam legenda Kerajaan Tong. Sesi kedua, pukul 17.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Dalang wayang Potehi asli pribumi menggelar pertunjukan wayang Potehi dengan judul Cap Pwe Lo Hwan Ong.

Ia berharap, warga Tionghoa mau mendukung dan mau peduli, karena wayang Potehi ini merupakan kebudayaan Cina. (*/me)

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

TV DIGITAL MADU TV

space-iklan-300x400

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: