Kediri – Mantan Napi Sulap Koran Bekas Menjadi Berbagai Kerajinan Tangan

120

Kediri – Seorang mantan narapidana di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mampu menyulap kertas koran bekas menjadi sebuah hiasan. Hasil karyanya ini menghasilkan banyak pundi pundi rupiah, hingga pesanan sampai luar Kabupaten Kediri.

Koran bekas yang  biasanya hanya dibuang di tempat sampah atau warga gunakan sebagai pembukus. Namun demikian, di tangan pria kelahiran 29 tahun, koran bekas ia sulap menjadi kerajinan tangan bernilai ekonomis yang cukup tinggi.

Yulianto, warga Dusun Kecik, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, membuat kerajinan tangan dari koran, seperti replika sepeda angin, burung merak, dan kapal pinisi. Ia mengatakan, keahlianya membuat kerajinan dari bahan kertas ia peroleh selama menjalani masa pidana di lapas kediri.

Kerajinan hasil buatannya membuat masyarakat Kabupaten Kediri berminat untuk membelinya. Ia akhirnya kebanjiran pesanan yang datang dari luar daerah, seperti dari Mojokerto dan Surabaya.

Hasil karyanya tersebut mampu membantu kebutuhan perekonomianya sehari-hari, terlebih saat ini ia juga mendapat dukungan penuh dari pihak Desa Keling. (*/me)