Connect with us

Berita

Kediri – Kurma Hasil Budidaya Tumbuh di Tanah Kediri

Diterbitkan

pada

Kediri – Kurma Hasil Budidaya Tumbuh di Tanah Kediri

Pondok Pesantren Pari Ulu Litbang melakukan budidaya kurma, jenis Degled Nur. Kurma hasil budidaya ponpes Pari Ulu di Desa Sumbercangkring, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Selasa siang panen perdana. Panen perdana kurma dengan nama kode 075. Kurma dengan kode nama tersrbut merupakan jenis kurma Degled Nur yang berasal dari Tunisia.

Penuaian ini tepatnya di salah satu tanah milik warga kawasan Litbang Ponpes. Pembudidaya memroses pengecambahan satu kurma pada tanggal 15 Oktober 2017 dengan variabel 3×12 dan dengan 20 tingkat atau 720 perlakuan. Dan masing-masing perlakuan terdiri dari 20 biji kurma.

Dari kondisi itu total ada kurang lebih empat belas ribu empat ratus (14.400)  biji kurma dari 720 perlakuan yang memenuhi syarat untuk lanjut pada tingkat pembenihan.

Panen perdana langsung perangkat desa saksikan bersama sejumlah tokoh masyarakat terkait. Kurma dari hasil penelitian itu terdapat 9 perlakuan atau berjumlah 180 kecambah biji kurma di saat dalam pembenihan dengan usia 0-6 bulan. penelitian menerapkan capaian variabel 2×10.

Lebih lanjut, pihak pengelola menegaskan lebih dari satu variabel Flasebo. Masing-masing perlakuan adalah 10 kecambah biji kurma. Total benih adalah 200 kecambah biji pada lahan pembibitan, usia 7 sampai 24 bulan. Namun demikian, yang memenuhi syarat untuk dibudidayakan adalah 87 bibit kurma.

Kurma yang dipanen dengan kode 075, sebelumnya di grounding pada 24 Maret 2019 atau pada usia satu setengah tahun dan keluar Mayang pada 09 Oktober 2020. Usia 3 tahun kurang satu minggu, pohon kurma yang sekarang dipanen adalah riset nomor urut 075. Ini merupakan panen pertama riset di lahan sempit belakang rumah (me/red).

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

space-iklan-300x250

TV DIGITAL MADU TV

space-iklan-300x400

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: