KEDIRI – KPU Kabupaten Kediri Lakukan Tahapan Coklit Mutakhirkan Data Pemilih

305

KEDIRI – KPU Kabupaten Kediri Lakukan Tahapan Coklit Mutakhirkan Data Pemilih

Komisi pemilihan umum Kabupaten Kediri melakukan tahapan pencocokan dan penelitian atau coklit pemilihan bupati dan wakil bupati kediri tahun 2020. Dalam agenda pemutakhiran data pemilih ini, selain menggunakan protokol kesehatan covid-19, juga diikuti oleh KPU Jawa Timur dan badan pengawas pemilu setempat.

Didampingi KPU Provinsi Jawa Timur dan bawaslu, KPU Kabupaten Kediri menggelar gerakan coklit serentak, melalui kunjungan langsung ke rumah-rumah warga. Seperti yang dilaksanakan di rumah samian alias brodin, penyanyi dangdut asal Desa Branggahan , Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. KPU mengajak dan memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih pilkada 2020.

Ninik Sunarmi, ketua KPU kabupaten kediri mengatakan, tahapan coklit telah dimulai sejak tanggal 15 juli kemarin hingga tanggal 13 agustus mendatang. Tetapi hari ini , KPU RI mengimbau seluruh KPU kota dan kabupaten di indonesia untuk melaksanakan apel serentak di masing-masing pps, kemudian disusul dengan kegiatan coklit secara langsung.

Dalam agenda coklit ini, pihak KPU dan bawaslu memastikan petugas PPDP  yang melakukan coklit telah melaksanakan rapid test, dan mematuhi protokol kesehatan . Diantaranya menggunakan alat pelindung diri, membawa handsanitizer dan menjaga jarak, untuk mencegah penyebaran covid-19 .

Sementara itu, pedangdut brodin menyambut antusias gerakan coklit serentak itu . Menurutnya dengan bertemu langsung warga , dapat memastikan telah terdaftar sebagai pemilih pilkada 2020. Penyanyi yang memiliki suara emas mirip raja dangdut rhoma irama ini mengajak warga Kabupaten Kediri berharap pemilu berjalan aman, dan dirinya mengajak warga menggunakan hak pilihnya, pada tanggal 9 desember 2020 mendatang.

Hari ini rombongan kpu dan bawaslu melakukan coklit langsung terhadap sejumlah tokoh, mulai dari ketua pcnu kabupaten kediri gus makmun, penyanyi dangdut Brodin , ketua PDKK Umi Salamah dan ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodik Purwanto. Sementara itu , dalam tahapan coklit ini, KPU menyasar 1 koma 3 juta jiwa pemilih , dengan melibatkan 3 ribu 311 tenaga PPDP.