fbpx
Connect with us

Berita

Kediri – KPU Kab Kediri, Gelar Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten

Diterbitkan

pada

Komisi pemilihan umum (KPU) Kab Kediri, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat kecamatan. Kegiatan rekapitulasi dilakukan di Gedung Bagawanta Bahari.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kabupaten, yang dilaksanakan oleh KPU Kab Kediri, melakukan penerapan protokol kesehatan. Sebelum dibuka kotak suara dari hasil perhitungan surat suara tingkat kecamatan, terlebih dahulu dilakukan penyemprotan disinfektan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona.

Komisioner KPU Kab Kediri, Anwar Anshori, divisi teknis dan data mengatakan, kegiatan rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat kecamatan. Dalam hal tahapannya untuk rekap ditingkat kecamatan sudah dilakukan sejak tanggal 13 hingga 14 desember. Sedangkan untuk tahapan rekapitulasi sudah dimulai sejak 13 sampai 17 desember mendatang.

Anwar Ashori juga mengungkapkan, rekapitulasi kali ini merupakan suatu hal yang baru, dimana dalam rekapitulisi kali ini menggunakan sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi) dan hasil rekapitulasi wajib diuplod di sirekap yang dikeluarkan oleh KPU kab kediri sesuai dengan ketentuan aturan yang ada.

Menurut anwar anshori, dengan sistem sirekap ini, terdapat gendala beberapa kecamatan yang terjadi kesalahan karena sistem. Seperti server padat, yang mengakibatkan berdampak lambannya data untuk bisa masuk dalam sirekap.

Disaat tengah memperbaiki data hasil rekapan suara tingkat kecamatan ke dalam sistem sirekap. Disinilah tugas untuk menyelesaikan masalah itu, yang tidak bisa diselesaikan di tingkat kecamatan, maka perbaikan akan dilakukan di tingkat kabupaten.

Anwar Anshori juga menambahkan, di pilbup tahun 2020, tingkat partisipasi masyarakat naik dari tahun tahun sebelumnya. Sistem sirekap pun dinilai sangat mempermudah sistem perhitungan perolehan suara, masyarakat dalam mengakses perolehan suara di pilbup 2020.

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: