Connect with us
header

Jawa Timur

Kediri – Komunitas Pemerhati Pahlawan Nasional Gelar Doa dan Baksos di Sekitar Makam Tan Malaka

Diterbitkan

pada

Kediri-Dalam upaya mengenang jasa-jasa dan sejarah perjuangan Ibrahim Datuk Tan Malaka, berbagai lintas komunitas peduli sejarah yang tergabung dalam pemerhati pahlawan nasional menggelar doa bersama. Kegiatan ini untuk mendoakan sekaligus mengenang mendiang arwah Tan Malaka. Para relawan bekerja sama memasang tulisan dan papan petunjuk arah untuk menyemarakkan kegiatan ini.

Ibrahim Datuk Tan Malaka sendiri lahir di Suliki Sumbar tahun 1894 dan gugur di Kediri, pada 21 Februari tahun 1949. Oleh karena itu, kegiatan ini sengaja terlaksana di Kota Kediri. Pasukan pemerhati pahlawan nasional bersama-sama melakukan upaya perawatan semangat perjuangan pahlawan Ibrahim Datuk Tan Malaka. Dalam kegiatan tersebut, komunitas pemerhati pahlawan nasional bukan hanya melaksanakan doa bersama, melainkan juga melaksanakan kegiatan lainnya. Seperti bakti sosial sekitar makam, penanaman beberapa pohon sebagai simbol kehidupan, dan penghormatan, serta pembaruan papan nama. Pemasangan tulisan dan papan petunjuk arah ini berguna untuk memudahkan masyarakat dalam menuju makam Tan Malaka, yang berada di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Koordinator aksi, Ari Hakim mengatakan bahwa aksi yang terlaksana oleh berbagai lintas komunitas peduli sejarah ini untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa pahlawan nasional. Khususnya Ibrahim Datuk Tan Malaka. Aksi ini murni hasil gotong-royong komunitas dan hasil swadaya komunitas peduli sejarah. Para relawan juga memasang bendera merah di jalan ke bawah, menuju tempat makam Tan Malaka.

Tan Malaka merupakan pahlawan nasional. Gelar pahlawan nasional tersematkan padanya sebagai penghormatan atas jasa perjuangnnya dalam mempertahankan Republik Indonesia. Hal ini tersampaikan melalui keputusan Presiden RI Nomor 53 yang disahkan oleh Presiden Soekarno pada 28 Maret tahun 1963.

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

TV DIGITAL MADU TV

space-iklan-300x400

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: