fbpx
Connect with us

Berita

KEDIRI – Kekosongan Wakil Walikota Kediri Menurut Komisi Pemilihan Umum

Diterbitkan

pada

KEDIRI – Kekosongan Wakil Walikota Kediri Menurut Komisi Pemilihan Umum

Wakil kursi Wakil Walikota Kediri yang masing kosong atau belum terisi hingga saat ini. dari padangan komisioner KPU Kota Kediri, bahwa hal tersebut sudah diatur sesuai undang-undang nomor 10 tahun 2016.

Komisioner KPU kota Kediri, menjelaskan, sesuai UU nomor 10 tahun 2016, pasal 176 (1) dalam hal Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil walikota berhenti karena meninggal dunia, Permintaan sendiri, atau diberhentikan.

Dalam hal tersebut, pengisian Wakil Gubernur, Wakil Bupati Dan Wakil Walikota, dilakukan melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten atau kota, berdasarkan usulan dari Partai Politik atau gabungan Partai Politik pengusung.

Partai Politik atau gabungan Partai Politik pengusung mengusulkan 2 (dua) orang Calon Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota Kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah melalui Gubernur, Bupati, atau Walikota, untuk dipilih Dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Dalam hal Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota berasal dari calon perseorangan, berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri, atau diberhentikan, pengisian Wakil Gubernur, Wakil Bupati dan Wakil Walikota

Dilakukan melalui mekanisme pemilihan masing-masing oleh DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten atau kota berdasarkan usulan Gubernur, Bupati dan Walikota. Pengisian kekosongan jabatan Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota dilakukan jika Sisa masa jabatannya lebih dari 18 (delapan belas) Bulan, terhitung sejak kosongnya jabatan tersebut. Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara Pengusulan dan pengangkatan Calon Wakil Gubernur , Calon Wakil Bupati Dan Calon Wakil Walikota sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) diatur dalam peraturan Pemerintah.

Sementara itu, Azhari, Ketua Pansus DPRD Kota Kediri pengisian Wakil Walikota Kediri mengaku sejauh ini hasil Pansus sudah disampaikan ke Gubernur untuk menunggu hasil evaluasi dan surat jawaban dari Gubernur.

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Radio MDSFM

Madu TV Channel

URL yang sah tidak diberikan.

Linked Media

%d blogger menyukai ini: